FPRB Dibentuk, Bupati Harapkan Dapat Bersinergis dengan Pemerintah

Semua Halaman

.

FPRB Dibentuk, Bupati Harapkan Dapat Bersinergis dengan Pemerintah

REDAKSI
Jumat, 23 Desember 2022

 

Bupati Dompu H Kader Jaelani melantik dan mengukuhkan FPRB Dompu, Kamis (22/12/2022).


| DOMPU-NTB | Bupati Dompu H kader Jaelani melantik dan mengukuhkan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB). Acara tersebut bertempat di Aula Pendopo Bupati Dompu, Kamis (22/12/2022).

 

Di acara pelantikan juga dihadiri Ketua DPRD Andi Bachtiar A.Ma.Pd, Sekda Dompu, anggota DPRD, Forkompimda, staf ahli Bupati, Asisten, dan Kepala OPD.


BACA JUGA: 


Danrem 162/Wira Bakti Brigjend Sudarwo Aris Pesan Agar TNI Selalu Bersama Rakyat

 

Bupati Dompu Kader Jaelani mengapresiasi pembentukan FPRB yang akan   membawa  dampak signifikan atas tingkat keselamatan saat terjadi bencana dan efektivitas mitigasi bencana yang dilakukan.

 

Diakuinya, pembentukan FPRB sudah tepat mengingat kondisi topografi Kabupaten Dompu berupa perbukitan sampai  pegunungan. Dengan kemiringan lahan yang bervariasi mulai dari 0-8% dengan klasifikasi datar, hingga kemiringan lebih dari 40% dengan klasifikasi  curam hingga  sangat  curam, yang  berpotensi menyebabkan timbul bencana alam seperti tanah longsor, menjadi alasan penting untuk dibetuknya FPRB.

 

Dikatakan pula, adanya masa pancaroba dan jelang musim penghujan, tentunya diperlukan kewaspadaan siaga bencana terutama ancaman bencana, banjir, tanah longsor dan angin kencang sehingga dibutuhkan peran aktif FPRB.

 

“FPRB adalah mitra pemerintah dalam penanggulangan kebencanaan, oleh karena itu dalam tugas dan fungsinya harus bersinergi dengan pemerintah dan stakeholder lainnya,” harap Bupati Dompu Kader Jaelani.

 

Laporan         : Bim

Editor             : Adi Pradana