Pengembangan Desa Rasabou Butuh Peran Pemuda

Semua Halaman

.

Pengembangan Desa Rasabou Butuh Peran Pemuda

REDAKSI
Rabu, 29 Juni 2022

 



| BIMA – NTB | Mewujudkan desa yang maju dan berkembang memang tidaklah mudah. Butuh etos kerja yang baik dan tersitematis. Namun sebenarnya, tugas itu tidak hanya dibebankan pada Pemerintah Desa (Pemdes) saja, namun menjadi tanggungjawab moral bagi seluruh komponen. Terutama generasi muda.

 

Sebagai agen penggerak perubahan, pemuda memiliki peran penting dan posisi strategis dalam mempelopori pembangunan desa. Tentunya, dengan memperhatikan berbagai aspek serta potensi yang harus digali.

 

Merujuk hal itu, Pemdes Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten NTB mengadakan kegiatan pembinaan pemuda, pada Rabu (29/6/22) yang diikuti oleh puluhan pemuda desa setempat, juga dihadiri Kades Rasabou Sueadin SH dan beberapa jajarannya.

 

Kegiatan yang dipandu oleh Ketua KNPI Kecamatan Bolo Nuryadin S.Pt sebagai narasumber. Ia mengupas tentang peran serta kontribusi pemuda dalam mewujudkan desa yang berkembang.

 

Acara yang berlangsung selama 60 menit itu, selain membahas soal keaktifan muda-mudi, juga diharapkan adanya sinergitas Pemdes untuk tetap melibatkan generasi dalam setiap agenda yang berorientasi terhadap pengembangan desa. Sehingga potensi yang dimiliki desa dapat digali secara bersama untuk manfaatkan serta dikomersialkan. Tentu semuanya berorentasi pada peningkatan ekonomi masyarakat.

 

"Potensi yang ada di Desa Rasabou ini punya nilai jual yang tinggi jika dikomersialkan. Butuh sedikit sumbangsih ide dan gagasan, sehingga ke depan punya berbagai peluang untuk dimanfaatkan. Dengan sendirinya kesejahteraan ekonomi warga akan meningkat. Tapi, itu butuh sinergitas yang baik semua pihak," kata Kades usai kegiatan berlangsung.

 

Maka dari itu, lanjut dia, pembinaan ini dilaksanakan, paling tidak dapat menyuplai sumber daya manusia, sehingga dapat membetuk pola pikir kreatif dan inovatif.

 

"Pemuda ini adalah generasi penerus ke depan. Perannya sangat diharapkan dalam pengembangan pembangunan, apalagi di tingkat desa. Ditambah lagi mereka ini masih energik dan bersemangat," pungkas Kades.

 

Laporan: Sahrul Khan