Pemdes Rasabou Gandeng PLN dan Pokdarwis Kembangkan Wisata Agrobisnis

Semua Halaman

.

Pemdes Rasabou Gandeng PLN dan Pokdarwis Kembangkan Wisata Agrobisnis

REDAKSI
Rabu, 01 Juni 2022

 

Manager PLN ULP Woha Arif Rahman bersama Kepala Desa Rasabou Suaidin SH dan Ketua Pokdarwis Suryadin A.Md, saat survei lokasi pemasangan Kwh meter listrik di lokasi Agrowisata Desa Rasabou, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima-NTB, Ahad (30/5/2022).


| BIMA-NTB | Pemerintah Desa Rasabou Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat akan mengembangkan sektor pariwisata local dengan memanfaatkan lokasi-lokasi pertanian sebagai wisata Agribisnis. Pengembangan obyek wisata tersebut tentunya menonjolkan keindahan alam sehingga menjadi daya tarik yang kuat bagi pengunjung (wisatawan).

 

Adapun rangkaian kegiatan petani di lokasi wisata agribisnis tersebut yakni melakukan budidaya Semangka di musim kemarau (MK) termasuk budidaya ikan Lele dan Nila sampai pasca panen sehingga menjadi daya tarik sendiri bagi kegiatan pariwisata.


BACA JUGA: 


“Watermelon Tour” Desa Rasabou Destinasi di Musim Kemarau


 

Menurut Kepala Desa Rasabou Suaidin SH, pada dasarnya agrowisata ini bertujuan untuk membantu meningkatkan pendapatan petani sehingga dari aktivitas agrowisata tersebut petani dan pertanian akan mendapat keuntungan.

 

Dengan agrowisata ini pula, kita akan mampu menjaga sector pertanian berkelanjutan dan sekaligus menghindari sector pertanian dari proses marginalisasi.

 

“Rencana jangka berkelanjutan, konsep agrowisata ini akan menjadi sebuah kegiatan wisata yang dipandu dengan aspek-aspek kegiatan pertanian. Cirri-cirinya adalah pendidikan dalam kemasan paket wisatanya, pembangunan social ekonomi pertanian dan perdesaan,” ujar Suadin saat mendampingi Manager PLN ULP Woha Arif Rahman, dalam kegiatan survei lokasi penempatan 2.200 Kwh listrik, Ahad (30/5/2022).

 

“Terimakasih kepada PLN yang ikut mendukung pengembangan agriwisata di Desa Rasabaou,” lanjutnya.

 

Sebelumnya, Manager PLN ULP Woha Arif Rahman menyambut baik konsep yang disampaikan oleh Pokdarwis dan Pemerintah Desa Rasabou dalam mengembangkan agrowisata sepanjang jalan baru ini, dengan harapan dapat mendorong pengembangan usaha masyarakat kecil.

 

“Kita dari pihak PLN akan mendukung. Sebagai langkah awal, kita akan memasang satu titik kwh meter listrik untuk mendukung pelaku UMK di lokasi agrowisata Desa Rasabou ini,” ujar Arif Rahman.

 

Ketua Pokdarwis Desa Rasabou Suryadin menambahkan, dari segi substansinya—kegiatan agrowisata lebih menitikberatkan pada upaya menampilkan kegiatan pertanian dan suasana perdesaan sebagai daya tarik utama wisatanya. Karena pada dasarnya, agrowisata ini merupakan kegiatan yang berupaya mengembangkan sumberdaya alam yang memiliki potensi di bidang pertanian untuk dijadikan kawasan wisata.

 

Alumni Lombok Tourism Education Center jurusan Pariwisata dan Perhotelan ini, juga memiliki konsep menjadikan agrowisata sejalan dengan agrotourism. Yaitu sebuah bentuk pariwisata yang dipadukan dengan aspek-aspek pertanian yang mengusung nuansa alam pertanian secara luas. Hal ini pula tak hanya melihat satu sisi saja, tetapi bagaimana kita belajar tentang pertanian dengan mengenali dari cara menanam hingga tanaman sudah menghasilkan.

 

Laporan         : Adi