HUT Dompu Ke-207, Jarapasaka Akan Membawa Dompu Menjadi Daerah yang MASHUR

Semua Halaman

.

HUT Dompu Ke-207, Jarapasaka Akan Membawa Dompu Menjadi Daerah yang MASHUR

REDAKSI
Rabu, 13 April 2022

 



| DOMPU-NTB | Bupati Dompu Kader Jaelani dalam sambutan upacara HUT Dompu ke-207 tahun, tanggal 11 April 2022, di lapangan Beringin Dompu, menyampaikan perjalanan sejarah panjang Kabupaten Dompu. Banyak hal yang telah dan akan kita lakukan bersama, khususnya dalam membangun pertumbuhan kesejahteraan rakyat melalui program unggulan daerah Jarapasaka (jagung, porang, padi, sapi dan ikan) menuju dompu Mashur (mandiri, sejahtera, unggul dan religius) yang dikelola secara cerdas dari hulu sampai hilir.

 

Kader Jaelani memaparkan yang dimulai dari petani, pelaku UMKM, Koperasi, Bumdes hingga Perusahaan Daerah. Semua itu telah tercipta sebuah siklus ekonomi kerakyatan yang menguntungkan dengan mempersiapkan sarana dan prasarana yang memadai berbasis agribisnis yang berkelanjutan.


BACA JUGA:


Sejarah Singkat dan Penetapan Hari Jadi Kabupaten Dompu 


Meskipun Pandemi Covid-19 yang mewabah sejak tahun 2020 silam, tercatat pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan 4,89 persen atau naik 1,68 persen dari 3,21 persen. Kemudian indeks pembangunan manusia tahun 2020, tercatat sebesar 67,84 poin dan meningkat 68,45 poin. Pada sektor kesehatan pravelensi stunting tahun 2021 tercatat 14,3 persen, membaik jika dibandingkan dengan pencapaian tahun 2020 sebesar 18,72 persen.

 

Pada usia harapan hidup meningkat menjadi 66,99. Demikian pula pada sektor pendidikan dan kemampuan daya beli terus tumbuh ditengah kondisi negara yang belum stabil. Dari sisi infrastruktur pelayanan dasar, jalan dan jembatan, dan jaringan irigasi terus mengalami peningkatan. Begitu juga dengan penanganan kawasan kumuh pemukiman, penyediaan jaringan air bersih pedesaan dan peningkatan akses sanitasi semakin baik serta penanganan bencana alam yang responsif.

 

Berkaitan dengan lingkungan hidup, lanjut Jaelani, pemerintah tetap berkomitmen mengembalikan fungsi hutan dan gunung dari kerusakan melalui program Dompu berjasa dengan ruang terbuka hijau di Bendungan Tanju dan Bendungan Mila.

 

Terkait pembangunan pelabuhan Nusantara di Kecamatan Kilo, saat ini telah memasuki tahap perencanaan penyusunan Amdal, untuk kemudian pekerjaan konstruksinya, yang insya Allah akan dimulai di tahun 2023.

 

Terkait penanganan Covid-19, Pemerintah Daerah bersama Forkopimda terus bekerja sesuai arahan Presiden Republik Indonesia Ir H Jokowidodo dengan menegakan protokol kesehatan, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, menyediakan tempat isolasi terpusat, serta melaksanakan percepatan vaksinasi.

 

Diusia Kabupaten Dompu yang ke-207 tahun, kita dapat merayakannya dengan berbagai kemajuan dan keberhasilan yang telah mampu kita raih, tetapi tidak sedikit hal-hal yang membutuhkan perhatian dan perjuangan keras kita, guna mewujudkan tatanan kehidupan yang lebih baik dengan falsafah Nggahi Rawi Pahu. Oleh karena itu, sebagai pimpinan daerah—ia mengajak kepada semua elemen untuk merapatkan barisan, menyatukan hati dan nurani, membulatkan tekad dengan niat yang tulus ikhlas untuk bersama-sama menjaga dan memelihara bumi Nggahi Rawi Pahu agar tetap kondusif dengan semangat membangun daerah, yang dilandasi dengan kebersamaan, kekeluargaan, keterbukaan serta saling menghormati.

 

“Saya mengucapkan terimakasih yang setulus-tulusnya kepada Pemerintah Pusat dan Provinsi NTB atas kerjasamanya selama ini. Terima kasih pula kepada Ketua dan anggota DPRD, TNI/Polri maupun Forkopimda Kabupaten Dompu, atas kontribusinya—dengan agar kerjasama yang baik selama ini dapat terjaga demi membangun Dompu yang lebih baik lagi,” harap Bupati Dompu Kader Jaelani.

 

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pendiri bangsa, khususnya pemimpin dan pemangku kebijakan daerah yang terdahulu, mulai dari sistem pemerintahan kerajaan/kesultanan, swapraja, hingga daerah swatantra tingkat II, sampai menjadi Kabupaten Daerah Tingkat II Dompu, atas dedikasi, pengabdian dan perjuangan membangun daerah selama ini.

 

Terima kasih juga kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu, dengan harapa agar dapat menjadi ASN yang “berahlak” berorientasi pada pelayanan yang akuntabel, kompoten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif dengan bekerja menggunakan semboyan “Bangga Melayani Bangsa” khususnya bumi Nggahi Rawi Pahu.

 

Disampaikan pula kepada para petani, nelayan dan peternak, atas kerja kerasnya sehingga program Jarapasaka dapat terlaksana meskipun masih banyak tantangan dan hambatan yang harus kita hadapi. “Namun, hal itu tidak akan menyurutkan niat dan perjuangan kita semua untuk mewujudkan Dompu Mashur,” ujarnya menutup.(Advertorial)

 

 

Laporan          : Adi Pradana