Sekda Dompu: Harmonisasi Pemerintah dan Insan Pers Dapat Mendorong Kemajuan Daerah

Semua Halaman

.

Sekda Dompu: Harmonisasi Pemerintah dan Insan Pers Dapat Mendorong Kemajuan Daerah

REDAKSI
Rabu, 09 Februari 2022

 



| DOMPU-NTB | “Situs berita banyak tersedia. Lambat sedikit berita pun usang. Pers Dompu cerdas dan kritis untuk menyebarkan informasi”. Selamat Hari Pers jayalah selalu. Itulah bait pantun yang dibacakan oleh Sekda Dompu, pada acara Silaturahmi Pemerintah Kabupaten Dompu bersama Insan Pers dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2002, Aula Pendopo Rabu (09/02/2022).

 

Sekda Dompu Gatot Gunawan PP mewakili Bupati Dompu dalam amanatnya menyampaikan,  ajang silaturahim antara Insan Pers dengan Pemda Dompu pertama kali diselenggarakan adalah langkah maju dalam masa Pemerintahan AKJ-SYAH.

 

“Kami mengundang beberapa pimpinan OPD dengan insan pers berharap masukan atau kritikan membangun memacu kami untuk bekerja lebih baik lagi untuk kesejahteraan masyarakat sesuai dengan harapan kita semua,” ujarnya.

 

Insan pers dalam melakukan peliputan menyajikan berita kegiatan pemerintah yang akan dan telah dikerjakan, dapat memudahkan masyarakat untuk mengikuti perkembangan dan memantau bahkan mengontrol kinerja pemerintah itu sendiri.

 

“Tentunya berita yang ditulis dan diseleksi memenuhi syarat dan layak untuk dikonsumsi berdasarkan kode jurnalistik yang ada,” jelasnya.

 

Gatot Gunawan PP menambahkan, Pers dengan fungsi kontrol, mengoreksi, mengkritik sesuatu dengan konstruktif dalam pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan yang dijalankan pemerintah harus dilakukan sesuai ketentuan.

 

“Kami juga harapkan jurnalis bisa bekerja secara professional dalam menyajikan berita aktual dan terpercaya, mendidik dan berimbang,” harapnya.  

 

Sekda juga berharap kepada awak media untuk terus mendukung berbagai program pembangunan yang dicanangkan Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu termasuk Program unggulan JaraPasaka.

 

“Sinergitas yang telah terjalin agar lebih ditingkatkan agar visi Dompu MASHUR yang diimpin bisa terwujud,” tuturnya.

 

Seme tara itu, Ketua DPRD Kabupaten Dompu Andi Bachtiar A.Md, Par juga berharap agar mencapai good looking setiap mengkonfirmasi sebuah berita, menggali sebuah informasi haruslah berimbang. Dan informasi yang disampaikan tidak cenderung bersifat provokatif melainkan lebih mengutamakan edukatif.

 

“Bagaimana pun, setiap tulisan yang teman-teman pers yang beritakan di era digitalisasi media sekarang, ketika dipublish hitungan detik seluruh masyarakat dunia langsung bisa membacanya,” katanya.

 

Pada kesempatan yang sama, Pemimpin Redaksi LakeyNews.Com Sarwon Al Khan ikut memberikan auto kritik kepada Pimpinan OPD dan unsur Forkopimda, agar setiap masalah yang ingin dikonfirmasi wartawan bisa dijawab secara tuntas sehingga tidak membias karena akan ditanya berulang-ulang oleh wartawan yang lain.

 

“Ketika sebuh persoalan dijawab dengan tuntas tentunya akan bisa diselesaikan, wartawan  juga manusia punya nurani, ketika mereka ingin mengkonfirmasi sebuah berita tolong diterima dengan baik,” sarannya.

 

Sementara, acara HPN tersebut berlangsung meriah. Selain Sekda Dompu, juga dihadiri Kejari, Perwakilan Dandim dan Perwakilan Polres Dompu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Adminsitasi umum, Pimpinan OPD, dan seluruh wartawan dari media cetak dan elektronik di Kabupaten Dompu.

 

Laporan         : Bimbim

Editor             : Adi Pradana