Pangdam IX/Udayana - AKJ Saling Apresiasi Program Pembangunan di Dompu

Semua Halaman

.

Pangdam IX/Udayana - AKJ Saling Apresiasi Program Pembangunan di Dompu

REDAKSI
Senin, 03 Mei 2021

 

Bupati Dompu Abdul Kader Jaelani (AKJ) mendampingi Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak M.SC dalam Kunjungan Kerja di Kabupaten Dompu, Senin (26/4/2021).  


| DOMPU-NTB | Pangdam IX/Udayana melakukan Kunjungan Kerja di Kabupaten Dompu dalam rangka Peresmian Fasilitas pendukung Program Ketahanan Pangan, Senin (26/4/21) lalu.

 

Kunker Pangdam IX/Udayana bersama rombongan disambut langsung oleh Bupati Dompu Abdul Kader Jaelani, Ketua Pengadilan Negeri Dompu Mukhlassuddin SH.,MH, Kepala Kejaksaan Negeri Dompu Mei Abeto Harahap SH.,MH, Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar A.Md,Par, Dandim 1614/Dompu Letkol Inf Ali Cahyono S.Kom.,Han, Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH S.Ik, dan Forkopimda Dompu.

 

Bupati Dompu Abdul Kader Jaelani menyampaikan atas nama Pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Dompu menyambut selamat datang dan terimakasih atas kesediaan Panglima Kodam  lX/Udayana beserta rombongan datang berkunjung di Kabupaten Kabupaten Dompu.

 

Bupati Dompu juga melaporkan kondisi terkini sosial masyarakat serta keamanan di Kabupaten Dompu pasca Pilkada tahun 2020. Sampai pada saat ini Kabupaten Dompu dalam keadaan aman, tertib, kondusif dan terkendali dibawah arahan kendali TNI dan Polri sebagai unsur utama penanggungjawab keamanan wilayah daerah.


BACA JUGA: AKJ Komitmen Tak Mengitervensi Kegiatan Pilkades Serentak

 

"Kami berharap kondisi Kamtibmas di Kabupaten Dompu tetap terjaga dan terpelihara dengan baik karena merupakan syarat mutlak bagi kita semua untuk melaksanakan program pemerintah dan pembangunan daerah," tutur Kader Jaelani.

 

Disampaikan pula, secara geografis Kabupaten Dompu memiliki luas wilayah 2321,55 km2 dengan jumlah 8 kecamatan yang terbagi dalam 9 kelurahan dan 72 desa, dengan jumlah penduduk sebanyak 2.039.095 jiwa. Sebagian besar jumlah penduduk bekerja di sektor pertanian atau sekitar 32 persen, kemudian 15,6 persen di setor perdagangan, 7,3 persen sektor perikanan, 11,7 persen di sektor jasa dan 8,3 persen di sektor lainnya 19,77 persen. Sedangkan komoditi unggulan di Kabupaten Dompu adalah Jagung, Padi, Sapi dan Ikan Laut.

 

Lanjutnya, salah satu yang menunjang perekonomian daerah Dompu ada investasi sektor Swasta yakni PT SMS Pabrik Gula di Kecamatan Pekat dan PT Sumbawa Timur Mining (STM) yang bergerak di bidang Pertambangan di Kecamatan Hu’u yang menjadi potensi dan peluang terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat Kabupaten Dompu.

 

Bupati juga menyampaikan bahwa Kabupaten Dompu disamping bencana non-alam Covid-19, kami juga mengalami musibah bencana alam banjir bandang yang melanda Kecamatan Hu'u dan Woja. Pemerintah Daerah saat ini sedang berencana melaksanakan relokasi sebanyak 108 rumah penduduk dan kemudian perbaikan jalan saluran sungai serta upaya untuk mendapatkan bantuan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

 

Abdul Kader Jaelani atau disapa AKJ ini, juga mengapresiasi atas program Pangdam IX/Udayana dalam Ketahanan Pangan, seperti program air bersih atau pompa Hidran dan Sumur Dalam yang sangat memberikan manfaat besar untuk keperluan masyarakat dan lahan pertanian sehingga program unggulan tersebut kami perioritaskan demi mewujudkan Kabupaten Dompu yang Masyhur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius).

 

“Dengan program tersebut, kami akan bahu-membahu dengan melibatkan semua elemen masyarakat,” tutup AKJ.

 

Pada kesempatan yang sama, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak M.SC mengucapkan terimakasih kepada Bupati Dompu beserta seluruh jajaran atas sambutan yang luar biasa.

 

Pangdam juga berharap kepada Pemerintah Daerah agar bekerja sama dengan instansi terkait guna memberikan himbauan dan arahan kepada masyarakat agar bisa memahami begitu bahayanya Covid-19. Karena kita lihat masih banyak masyarakat yang masih kurang paham terkait bahaya Covid-19.

 

Pangdam mencontohkan bahwa di negara India sudah terjadi lonjakan yang luar biasa, orang banyak meninggal di sana jadi jangan pernah menganggap remeh bahaya Covid-19.

 

Pangdam IX/Udayana juga mengapresiasi terhadap kinerja Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramadhani S,Sos.,SH.,M.Han yang sudah membuka lahan 150 hektar dengan modal keberanian tidak ada hitungan awal. Itu semua dilakukan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat.

 

Laporan: Adi Pradana