Seorang Warga Meninggal ‘Tersetrum Daun Pohon’, Mitra PLN ULP Bima Disorot Warga

Semua Halaman

.

Seorang Warga Meninggal ‘Tersetrum Daun Pohon’, Mitra PLN ULP Bima Disorot Warga

REDAKSI
Rabu, 12 Agustus 2020
I Salah satu pohon ranting/daun pohon yang bersentuhan dengan kabel jaringan listrik di Kecamatan Donggo, Bima-NTB |



| BIMA – MN | Kusnan (35) warga RT11/RW07 Dusun Rade Maju Desa Doridungga Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, meninggal tragis akibat tersengat listrik. Kejadian yang diperkirakan pukul 16.50 Wita—pada saat korban sedang melakukan aktivitas pemasangan kawat bantalan (slot) tembok kios, Selasa (11/8/2020).

Hikmah salah satu warga setempat, pun membenarkan adanya kejadian meninggalnya seorang tukang batu itu yang tersetrum listrik.

“Awalnya, korban naik ke atas bangunan kios untuk memasang besi bantalan (slot). Tak disangka ranting daun pohon nangka rindang yang terkontaminasi dengan kabel jaringan listrik PLN pada tiang induk itu tersentuh dengan tubuh korban. Dan, seketika pun korban tersetrum hingga terpental jatuh ke tanah,” kata Hikmah.

| BACA JUGA |


Warga sekitar sontak dan kaget adanya peristiwa itu. Korban yang terpental jatuh ke tanah langsung dievakuasi dan dilarikan ke Puskesmas terdekat untuk diberikan pertolongan medis. Namun upaya penyelamatan tersebut sia-sia. “Korban menghembuskan nafas terakhir sekira pukul 18.00 Wita di PKM Donggo,” ujar Hikmah.

Kasus meninggalnya Kusnan (35) korban tersengat listrik di Kecamatan Donggo, merupakan kali kesekiannya yang terjadi dalam wilayah tanggungjawab PLN ULP Bima. Peristiwa tersebut kerap ditimbul akibat kelalaian. Lebih-lebih dari pihak selaku mitra PLN ULP Bima yang bertugas di lapangan.

Menurut Hikmah, kurang intensnya kegiatan rutin perambasan ranting dedaunan pohon terutama yang berada disepanjang jaringan tiang listrik PLN, lebih-lebih di wilayah kami kKecamatan Donggo, tentunya akan menjadi ancaman bagi keselamatan warga masyarakat.  

“Kami berharap kepada pihak PLN ULP Bima maupun pihak ketiga yang menjadi mitra PLN itu sendiri agar rutin dan intens dalam memberikan pelayanan yang dapat mengancam keselamatan warga masyarakat,” tutup Hikmah.

Laporan         : Ori
Editor             : Adi Pradana