Hadirnya PT CPI di Madapangga Membuka Lapangan Kerja Lokal

Semua Halaman

.

Hadirnya PT CPI di Madapangga Membuka Lapangan Kerja Lokal

REDAKSI
Rabu, 13 Mei 2020
| Humas Pembangunan Pabrik Pengering Jagung dan Pakan, Fajrin SH menjelaskan terkait penyuplai bahan material | 

| BIMA – NTB | Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat salah satu daerah di pulau Sumbawa yang terus dilirik investor. Hasil pertanian yang melimpah misalnya, menjadi salah satu alasan bagi pemodal untuk membangun pabrik penampung dan pengelola hasil pertanian khususnya jagung hibrida.

Seperti kehadiran PT Charoen Pokphan Indonesia (CPI) yang saat ini mulai menata lokasi persiapan pembangunan pabrik pengelola jagung yang akan beroperasi di wilayah Desa Monggo Kecamatan Madapangga.

Disamping sebagai pabrik pengelola hasil pertanian (jagung hibrida), kehadiran PT CPI juga akan membuka lapangan kerja baru yang tentunya nanti akan merekrut tenaga kerja lokal. Kebutuhan tenaga pekerja nanti juga tidak sedikit.

Sementara dalam beritan acara tentang rencana pembangunan perusahaan pengering jagung dan pabrik pakan yang akan beroperasi di wilayah Desa Monggo itu, ada 10 point yang akan dilaksanakan oleh PT CPI. Di antaranya perekrutan dengan mengutamakan tenaga kerja lokal (masyarakat Desa Monggo) berdasarkan keahlian dan kemampuan.

Kemudian kebutuhan tenaga kerja di bidang manajemen, PT CPI akan merekrut Sarjana Manajemen Informatika, Sarjana ITe, Sarjana Ekonomi dan Sarjana lainnya yang dianggap perlu. Sedangkan untuk tamatan SMK/SMA sederajat akan ditempatkan sebagai staf—dan tenaga pekerja akan direkrut dari masyarakat umum dengan melihat standar kegiatan pekerjaan.

Point lainnya, PT CPI berkomitmen membuka kerjasama dengan BUMDes Monggo sebagai Suplayer Jagung, termasuk dana CSR dari pihak PT CPI yang akan direalisasikan dan dialokasikan khusus Desa Monggo berdasarkan kebijakan pihak HDR Perusahaan—termasuk didalamnya memberikan beasiswa sekolah lanjutan bagi masyarakat yang berprestasi.

Penulis: Adi Pradana