DPRD Kabupaten Bima Akan Meluncurkan Apliaksi JDIH

Semua Halaman

.

DPRD Kabupaten Bima Akan Meluncurkan Apliaksi JDIH

REDAKSI
Minggu, 12 April 2020
| Sekretaris Wilayah DPRD Kabupaten Bima Drs Ishaka |


| BIMA – NTB | Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) yang akan dikelola oleh Sekretariat Wilayah DPRD Kabupaten Bima adalah sebuah wadah pendayagunaan bersama atas dokumen hukum secara tertib terpadu dan berkesinambungan, serta merupakan sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara lengkap, akurat, mudah dan cepat.

Jaringan Dokumentasi dan Ingormasi Hukum (JDIH) tersebut dibentuk dan dikelola di tingkat DPRD sejak 11 Maret 2020 lalu.

"Memang benar, ini adalah aplikasi yang sudah terintegrasi dan bekerjasama dengan Jaringan dan Informasi Hukum (JDIH) BPHN Pusat. Dan saat ini tim kami sedang bekerja meng-input lebih dari 1.000 dokumen hukum daerah, baik Perda Kept DPRD, Kept Pimpinan DPRD, Risalah rapat dan lainnya yang dihasilkan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Untuk tahap awal ini, baru 18 dokumen yang di input dan akan terus berlanjut kedepan," kata Sekretaris Wilayah DPRD Kabupaten Bima Drs Ishaka, Ahad (12/4/2020).

| BACA JUGA |



Ishaka mengatakan, dengan dibentuknya jaringan ini untuk menjamin terciptanya Pengelolaan Dokumentasi dan Informasi Hukum yang terpadu dan terintegrasi dengan JDIH maupun dengan institusi pemerintah dan institusi lainnya yang bergerak di bidang layanan dokumentasi dan informasi hukum.

JDIH ini dipastikan akan menjamin ketersediaan dokumentasi dan informasi hukum yang lengkap dan akurat, serta dapat diakses secara cepat dan mudah serta didalamnya memiliki tiga pelayanan yang terintegrasi yakni, JDIH DPRD, PPID dan KEARSIPAN.

“Ini adalah bagian dari inovasi kami untuk mewujudkan lembaga parlemen yang terbuka bagi masyarakat,  mahasiswa,  pelajar dan siapapun akan lebih mudah mengakses produk hukum daerah sehingga  hasil kerja wakil rakyatnya cukup lewat handphone masing-masing,” tutur Ishaka.

Insya Allah Aplikasi ini akan dilauncing secara resmi dalam waktu dekat yang bersamaan dengan Peresmian Pusat Informasi (PI) DPRD Kabupaten Bima.

"Ayo kunjungi JDIH kami di laman website  http://jdihdprd.bimakab.go.id," ajak Ishaka dengan bangga.

Laporan: Syarif
Editor: Adi Pradana