“Watermelon Tour” Desa Rasabou Destinasi di Musim Kemarau

Semua Halaman

.

“Watermelon Tour” Desa Rasabou Destinasi di Musim Kemarau

REDAKSI
Jumat, 13 Maret 2020



| BIMA – NTB |  Wisata Tani adalah proses pengelolaan potensi alam menjadi sebuah obyek pariwisata. Desa Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, salah satu desa yang memiliki potensi yang mengembangkan Desa Wisata Pertanian. Kenapa tidak, hal itu mengingat bahwa Desa Rasabou memiliki potensi dan sumberdaya yang menjanjikan untuk pengembangan  Wisata Pertanian.

Adanya tiga titik sumur bor sepanjang jalan tani lingkar utara lahan pertanian di Desa Rasabou, petani setempat tercukupi dengan memanfaatkan sumber air sumur bor untuk kebutuhan irigasi pertanian mereka.

Akses sumber air dari tiga titik sumur bor tersebut, juga mendorong petani menanam beberapa tanaman yang menghasilkan buah. Salah satu yang dikembangkan dan ditekuni oleh petani Desa Rasabou selama tujuh tahun terakhir adalah tanaman buah Semangka. Dengan lahan tadah hujan yang berada di bagian utara perkampungan desa tersebut—petani setempat bisa mengolah lahan persawahan kering menjadi warna hijau dari buah Semangka.


| BACA JUGA |


Hasil produksi buah Semangka dari tangan-tangan terampil petani di Desa Rasabou ini, begitu menjanjikan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka. Begitu pun rasa manis buah Semangka yang dihasilkan, tak kalah saing dengan rasa buah Semangka dari daerah lain. Sehingga tak sedikit pengunjung yang datang langsung ke lokasi produksi Semangka di desa ini, bisa menikmati langsung buah Semangka di lokasi sambil menikmati suasana alam di waktu senja. Maka tidak heran, setiap pergantian musim hujan ke musim kemarau—petani di Desa Rasabou mulai bercocok tanam menanam tanaman Semangka dalam menyambut “Musim Wisata Semangka” di desa tersebut.

Nah…, bagi yang senang bergelut dengan alam, siapkan saja waktu bersama keluarganya untuk memantapkan destinasi anda ke “Watemelon Tour”—Wisata Semangka—di Desa Rasabou. Di lokasi itu pula, anda tak hanya merasakan manisnya Semangka—tetapi anda juga bisa befoto-foto dengan keluarga dan orang dekat anda dengan suguhan panorama alam dan suhu sejuk di waktu petang.

Untuk berkunjung ke lokasi Wisata Semangka Desa Rasabou tidaklah sulit. Karena didukung dengan infrastruktur jalan tani yang memadai. Jalur masuk pun bisa dari timur, jalan pendidikan (jalur Kantor Camat Bolo) menuju ke barat masuk jalan tani. Anda bisa langsung membawa roda dua maupun roda empat. Jadi penasaran yah…!

Penulis: Doni
Editor: Adi Pradana