Seorang Warga Dompu Ditangani Intensif Karena Diduga Terjakit Corona Virus

Semua Halaman

.

Seorang Warga Dompu Ditangani Intensif Karena Diduga Terjakit Corona Virus

REDAKSI
Senin, 16 Maret 2020
| Tim khusus sedang melakukan pemeriksaan langsung seorang warga Dompu yang diduga terjangkit Virus Corona |


| DOMPU – NTB | Seorang warga Dusun Lanci III Desa Lanci Jaya Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat—Melati (27) bukan nama asli—terpaksa dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Dompu untuk menjalani perawatan medis intensif, Ahad (15/3).

Melati yang merupakan Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang baru pulang dari Singapore diduga terjangkit virus Corona setelah mengalami batuk, pilek dan sesak nafas selama sepekan terakhir.

Kapolres Dompu Melalui Paur Subbag Humas AIPTU Hujaifah mengatakan, hasil berkoordinasi langsung dengan dr Tjahyadi di Puskesmas Soriutu menyatakan bahwa Melati menjadi perhatian serius Puskesmas setempat—setelah adanya keluhan yang dialaminya selama sepekan. Menurut pihak di PKM setempat bahwa yang dirasakan Melati merupakan bagian dari gejala-gejala penyakit virus Corona.
Pihak Puskesmas Soriutu juga telah berkoordinasi dengan  Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu terkait adanya informasi tersebut. “Jika ada perintah dari Dinas kita akan langsung mengecek yang bersangkutan, tentu dengan peralatan yang berstandar,” kutip Hujaifah dari penjelasan dr Tjahyadi.

Sementara, lanjut Hujaifah, hasil koordinasi dengan Rumah Sakit Pratama membenarkan bahwa Melati sempat dilakukan pemeriksaan kesehatan akibat gejala batuk, pilek dan sesak nafas yang dialaminya. Sementara pihak keluarga yang menemaninya saat itu, semuanya menggunakan masker.

Bahkan saat itu, pihak medis sempat memberikan pertolongan pertama dengan melakukan penguapan menyusul suhu tubuh pasien (Melati,red) mencapai angka 39 °C. Dengan kondisi tersebut, pihak Rumah Sakit Pratama mengajurkan untuk di Rujuk ke RSUD Dompu, namun ditolak karena alasan biaya dan ingin diobati sendiri dengan cara pengobatan tradisional.

Lanjut Hujaifah, meski terkendala biaya—namun Dinas Kesehatan Dompu memastikan bahwa masalah biaya akan ditanggung oleh Pemerintah sehingga bersangkutan (Melati,red) diijinkan keluarga untuk menjalani perawatan intensif di RSUD Dompu.

Hingga berita ini diturunkan, pihak RSUD Dompu belum mengumumkan hasil pemeriksaan lanjutan apakah Melati—warga Lanci yang baru pulang sebagai TKW di Singapore dan saat ini dirawat secara intensif di RSUD Dompu negative atau positive virus Corona?

Penulis: Adi
(Dihimpun dari berbagai sumber)