Pemerintah Bentuk Tim Antisipasi Ancaman CoronaVirus

Semua Halaman

.

Pemerintah Bentuk Tim Antisipasi Ancaman CoronaVirus

REDAKSI
Selasa, 10 Maret 2020
| Rakor antisipasi CoronaVirus di Kabupaten Bima |
| BIMA – NTB | Dinas Kesehatan Kabupaten Bima  menggelar Rapat Koordinasi lintas sektor dan lintas program penanggulangan penyebaran wabah virus Corona di Kabupaten Bima dengan mengundang instansi terkait dan para Kepala Puskesmas di Kabupaten Bima, di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, Selasa (10/3/2020). Rakor tersebut menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Bima tanggal 6 Maret 2020 tentang kewaspadaan penyebaran Virus Corona di Kabupaten Bima.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima dr H Ganis Kristanto menjelaskan, Rakor telah menutuskan beberapa poin penting yaitu memastikan kesiapan semua lintas sektor seperti RSUD Bima sudah siap dengan 4 kamar ruang isolasi, APD (alat pelindung diri), tenaga medis, ambulans dan lain-lain.

Demikian halnya KKP dan Bandara, Kantor Imigrasi, Kepolisian, BPBD, Dinas Perhubungan, Peternakan, Dinas Sosial, RRI, Kominfo, Dikes dan Puskesmas telah siap mendukung dan berkoordinasi bila ada kasus sesuai Tupoksi masing-masing.

| BACA JUGA |




Ganis juga menjelaskan, untuk kemudahan komunikasi, dibentuk WA group untuk  berbagi informasi dan semua Puskesmas wajib mensosialisasikan informasi terkait wabah Corona kepada masyarakat. Demikian halnya aparat Polri dan tenaga dokter melakukan koordinasi internal.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dikes Rifai S.Sos,. M.Ap menjelaskan, Rakor tersebut memutuskan Pembentukan Tim Penanggulangan Covid 19 di Kabupaten Bima dengan SK  Bupati Bima.

Disamping itu, kata Rifai, Puskesmas wajib memasang spanduk atau Baliho di wilayahnya serta penyuluhan tentang Covid 19  pada semua momen untuk mengurangi ketakutan dan kecemasan pada masyarakat.

Agar tidak terjadi bias informasi juru bicara covid ini hanya satu pintu yaitu Kadis Kesehatan atau Kabid Pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) Dikes Kabupaten Bima.

Tim terdiri dari penasihat Bupati, Wakil Bupati dan Sekda, Tim diketuai Asisten I, Wakil Ketua l  Kadikes, Wakil Ketua ll Kabag Kesra dan Sekretaris  Kabid P2P Dikes Kabupaten Bima dengan anggota semua instansi terkait.

Penulis: Yan Suryadin
Editor: Doni