Turki Akan Mengirim Sebagian Besar Tahanan ISIL Pulang Akhir Tahun

Semua Halaman

.

Turki Akan Mengirim Sebagian Besar Tahanan ISIL Pulang Akhir Tahun

REDAKSI
Rabu, 20 November 2019
| Ratusan pejuang ISIL yang ditangkap oleh Turki masih ditahan dan akan segera dideportasi [AP] |

| TURKI | Turki berencana untuk memulangkan sebagian besar tahanan ISIL ke negara asal mereka pada akhir tahun ini.

Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu mengatakan, pada hari Selasa bahwa Ankara bertujuan untuk mengirim enam atau tujuh pejuang dari Negara Islam Irak dan rumah kelompok bersenjata Levant (ISIL atau ISIS), termasuk ke Irlandia dan Belanda, minggu ini saja.

Pernyataannya itu disampaikan seminggu setelah pihak berwenang Turki memulai program repatriasi.

Ankara mengatakan, pihaknya menangkap 287 pejuang di timur laut Suriah, tempat pasukan Turki melancarkan serangan terhadap pasukan Suriah Kurdi, Unit Perlindungan Rakyat (YPG), bulan lalu dan memiliki ratusan lebih banyak tersangka ISIL dalam tahanan.

"Jumlah tahanan yang akan dipulangkan pada akhir tahun tergantung pada berapa lama prosesnya, tetapi terutama untuk Eropa, prosesnya sedang berlangsung," kata Soylu, menambahkan bahwa negara-negara yang mencabut kewarganegaraan warga negara mereka melanggar hukum internasional.
"Mereka tidak memiliki hak untuk meninggalkan warga negara mereka tanpa kebangsaan. Mereka tidak memiliki hak seperti itu," katanya.

"Inilah sebabnya kami mengadakan evaluasi dengan negara-negara tertentu mengenai hal ini dan mereka membawanya kembali."

Sumber Berita Aljazeera
Editor: Ahmad Ryadi