6 Rumah Warga di Dompu Ludes Terbakar

Semua Halaman

.

6 Rumah Warga di Dompu Ludes Terbakar

REDAKSI
Rabu, 21 Agustus 2019



| DOMPU | Tercatat enam rumah warga di Dusun Woro Utara Desa Bakajaya Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, hangus terbakar. Peristiwa ini sekira pukul 11.15 Wita, Rabu (21/8/2019). Kebakaran diduga akibat arus pendek (konsleting listrik).

Jafar, salah satu korban musibah kebakaran menuturkan, saat peristiwa itu, dirinya berada tidak jauh dari lokasi kejadian. Namun tiba-tiba ia melihat asap dan kobaran api yang muncul dari rumahnya.

“Saya lari mendekati lokasi dan berteriak minta tolong warga untuk membantu memdamkan api,” kisah Jafar.

Api begitu cepat merambah keseluruh perabot rumah panggung dari bahan kayu tersebut. Angin kencang juga menjadi salah satu faktor mempercepat api itu menjalar ke rumah-rumah lainnya di sekitar.

"Dengan dibantu warga dan Bhabinkamtibmas, kami hanya mampu memadamkan api dengan kadarnya mengingat keterbatasan sumber air. Apa lagi di musim kemarau saat ini, sumber mata air menurun drastis," katanya dengan nada sedih.

Sekitar pukul 11:25, dua unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi. Api berhasil dipadamkan. Meski tidak ada korban jiwa, namun kebakaran itu menghanguskan enam rumah warga.

Kepala Desa Bakajaya Umar H Abakar merasa terharu atas peristiwa yang menimpah warganya.

“Saya kaget dengan peristiwa ini. Kejadianya secara tiba-tiba. Bahkan disaksikan langsung oleh anak kandung saya,” ujarnya.

Dalam peristiwa tersebut, kata Umar, ada enam unit rumah yang hangus terbakar. Empat diantaranya tidak ada yang tersisa, dan dua lainnya hanya sebagian saja yang terbakar.
Umar pun menyebut nama-nama korban musibah kebakaran itu. Yakni  Syamsudin Arahim (47), Ismail M Saleh (30), Nurdin M Saleh (50), Ahmad Ta'ali (36), Abdul aher (51), Mansyur Jakaria (80).

Liputan: Arif