Apeksi XIV di Semarang Bahas Profesionalitas Aparatur dan Kemandirian Daerah

Semua Halaman

.

Apeksi XIV di Semarang Bahas Profesionalitas Aparatur dan Kemandirian Daerah

REDAKSI
Rabu, 03 Juli 2019



MEDIANUSANTARA.ID—Wakil Walikota Bima Fery Sofian SH didampingi Ketua GOW Kota Bima Jumriah Feri Sofiyan bersama Kabag Administrasi Pemerintahan, Camat Raba dan Lurah Kodo, menghadiri acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota seluruh Indonesia (Apeksi) Ke- XIV tahun 2019, di Aula PO Hotel Kota Semarang, Rabu (3/7/2019).
            
Apeksi ke XIV itu bertema "Penguatan Alakosi Anggaran Pemerintah Daerah untuk mendukung Profesionalitas Aparatur dan Kemandirian Daerah"—dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo.

Kegiatan Apeksi ke-XIV dihadiri, Menpan-RB, Wakil Kemenkeu, Gubernur Jawa Tengah dan Walikota Seluruh Indonesia.
            
Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo dalam sambutanya mengatakan, melalui Rakernas Apeksi XIV, Pemerintah Kota untuk mengawal dan mendukung pencapaian yang berkaitan dengan sisa anggaran pembangunan RPJMN tahun 2014-2019, dan itu harus bisa terlaksana dengan tuntas. "Itu merupakan harapan Pemerintah Pusat," harapnya.
            
Asosiasi  Pemerintah Kota berperan aktif untuk mendorong anggota yang tersebar di 93 daerah, yang merupakan Kota Otonom dan 5 Kota Adminitrasif agar segera mengambil langkah rancangan penyusunan RPJMN 2020-2025 sebagai penjabaran Visi-Misi Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Sehingga singkronisasi pembangunan antara pemerintah pusat dan daerah bisa sejalan, dan juga bisa berjalan dengan baik.
            
Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH,M.IP mengatakan, bahwa Indonesia harus membuat lompatan ekonomi yang tinggi dengan cara memanfaatn infarstruktur yang, dan sarana prasarana yang ada. Setelah Infrastruktur ada, tugas kita harus mengfungsikan, memanfaatkan dan juga mengisinya.
            
Kepada semua walikota yang hadir, invosi yang hebat adalah Kota Smart City dan itu harus didukung dengan informasi layanan yang mudah cepat dan gampang bagi masyarakat.
            
"Kota itu identik dengan jasa, dan layanan-layanan yang agak sedikit beda dengan Kabupaten," harapnya.
            
Ketua Rakernas Apeksi XIV Hj Airin Rachmi Diani SH,MH,M.Kn mengampaikan, tujuan Rakornas Apeksi XIV ini adalah untuk membahas berbagai permasalahan, terkait dengan penyelengaraan pemerintahan daerah yang menampung dan juga mengakomodir usulan anggota untuk selanjutnya disampaikan kepada kementrian terkait.

“Termasuk merancang program kerja organsiasi untuk meningkatkan kapasitas di daerah masing-masing,” tutur Walikota Tangerang Selatan itu.(hms/wb)