15 Ribu Liter Air Atasi Warga Ndano Ndere yang Dilanda Krisis Air Bersih

Semua Halaman

.

15 Ribu Liter Air Atasi Warga Ndano Ndere yang Dilanda Krisis Air Bersih

REDAKSI
Rabu, 10 Juli 2019
Foto: Rio


MEDIANUSANTARA.ID—Musim kemarau yang berkepanjangan tahun 2019 ini, tidak hanya melanda di sejumlah daerah di Indonesia. Di beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, pun mengalami hal yang sama.

Seperti dialami warga masyarakat di Dusun Ndano Ndere Desa Bajo Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima - NTB. Setiap tahunya, krisis air bersih sekan menjadi langganan warga di dusun ini. Namun kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Bima, terus melakukan pendistribusian air bersih untuk kebutuhan masyarakat setempat.

Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, sebanyak 15 ribu liter air bersih didistribusikan ke dusun tersebut. Tiga unit mobil tangki dikerahkan untuk menganggulangi krisis air bersih yang melanda warga selama beberapa pekan terakhir.

“Ini salah satu bentuk dari keprihatinan pemerintah daerah terhadap kebutuhan warga yang mengalami krisis air bersih di dusun itu,” kata Bupati setelah pelepasan Jamaah Calon Haji (JCH), Rabu (10/7/2019).

Sebelumnya, warga dusun Ndano Ndere Desa Bajo, harus menempuh jarak puluhan kilometer untuk mencari sumber mata air di sekitar perbukitan gunung. Dengan mengandalkan alat seadanya, mereka hanya mampu membawa air bersih untuk kebutuhan setiap hari hanya sampai empat zirgen ukuran 20 liter saja. Padahal, jumlah tersebut tak sesuai dengan kebutuhan rumah tangga mereka.

Salah satu harapan dan untuk mengurangi beban warga masyarakat di dusun Ndano Ndere saat ini, adalah pendistribusian air bersih dari pemerintah maupun lembaga pemerhati masyarakat.

Penulis: Bop Marantika