Pasukan dan Pemukim Israel Memasuki Kompleks Masjid Al-Aqsa

Semua Halaman

.

Pasukan dan Pemukim Israel Memasuki Kompleks Masjid Al-Aqsa

REDAKSI
Minggu, 02 Juni 2019
Sumber: aljazeera

MEDIANUSANTARA.ID—Ratusan orang Yahudi memasuki situs suci pada Hari Yerusalem Israel karena polisi Israel mengizinkan akses selama akhir Ramadhan.


Pasukan Israel telah memasuki kompleks Masjid Al-Aqsa bersama dengan ratusan orang Yahudi yang mereka izinkan untuk mengakses kompleks tersebut pada Hari Yerusalem—ketika Israel merayakan peringatan pendudukan mereka atas Yerusalem Timur pada akhir perang Arab-Israel 1967.

Pasukan Israel menembakkan gas air mata dan menahan sejumlah warga Palestina pada hari Minggu (2/6/2019), yang menghadiri sholat setelah protes meletus di kompleks masjid setelah pengumuman bahwa orang-orang Yahudi akan memasuki situs suci tersebut.

Ini adalah pertama kalinya dalam sekitar 30 tahun bahwa orang Yahudi diizinkan masuk ke situs tersebut selama hari-hari terakhir bulan Puasa Ramadhan, yang bertepatan tahun ini dengan hari libur Nasional Israel memperingati kontrol atas kota.

Sebelumnya, pada pagi hari, polisi Israel telah mengerahkan ratusan pasukan mereka di sekitar kompleks masjid dan melintasi kota ketika ratusan orang Yahudi menunggu di gerbang kompleks untuk masuk.

*)editor: Adi Pradana