Kota Bima Dapat DAU Tambahan Rp14 Miliar

Semua Halaman

.

Kota Bima Dapat DAU Tambahan Rp14 Miliar

REDAKSI
Selasa, 25 Juni 2019



KOTA BIMA—Pemerintah Kota Bima mendapat Dana Alokasi Umum (DAU) Tambahan tahun 2019. Pencairan dana tersebut dilakukan dua tahap melalui rekening daerah yang diperuntukan sejumlah kelurahan di kota itu.

Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan SH, pun secara resmi Launching Dana Alokasi Umum Tambahan Tahun Anggaran 2019, di Aula Kantor Walikota Bima, Kamis (20/6/19) lalu. 
           
Wakil Walikota Bima menegaskan, bahwa dari tiga triliun DAU Tambahan kelurahan yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat—Kota Bima salah satu kota yang mendapatkan anggaran tersebut. Untuk itu para Lurah harus betul-betul mencermati, memahami dan mempelajari esensi dari Dana Alokasi Umum Tambahan tersebut.
           
“Lurah harus mampu mengidentifikasi apa saja kebutuhan prioritas masyarakatnya, dan jangan pernah mengabaikan kebutuhan masyarakat,” harap Wakil Walikota.
           
Ia juga mengingatkan seluruh Lurah, bahwa DAU Tambahan merupakan ujian penting serta tantangan besar. Sehingga pada kemampuan mengimplementasikan tujuan, DAU Tambahan dapat berdaya guna dan berhasil guna.
           
Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kota Bima Drs H Fakhrunraji ME dalam laporannya menyampaikan, dari DAU Tambahan Rp14 miliar ini, sebesar Rp370 juta dialokasikan untuk masing-masing kelurahan, yang dicairkan dalam dua tahap.

“Tahap pertama telah cair Rp7 miliar lebih dan telah masuk di rekening kas daerah. Sedangkan tahap ke dua akan cair pada pertengahan bulan Agustus 2019 mendatang,” jelasnya.
           
Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 130 Tahun 2018, mengatur dua substansi pokok penggunaaan anggaran kelurahan. Yaitu untuk kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan serta pemberdayaan masyarakat di kelurahan.

“Tapi khusus tahun 2019 ini, akan difokuskan pada kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan,” jelas Kepala Bappeda Litbang Kota Bima ini.

Sementara, hadir di acara launching tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Bima Drs H Supratman M.AP, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Bima Ir Hj Rini Indriarti, Pimpinan Perangkat Daerah Kota Bima, seluruh Camat dan Lurah.(Advt/ari)