Pentingnya Memberikan Pelayanan Informasi Kebencanaan

Semua Halaman

.

Pentingnya Memberikan Pelayanan Informasi Kebencanaan

REDAKSI
Selasa, 30 April 2019



MEDIANUSANTARA.ID—Rapat Koordinasi Pelayanan Informasi Kebencanaan tahun 2019 bertempat di Kantor BPBD Kabupaten Bima, dihadiri 30 peserta baik dari OPD terkait, TNI /Polri, Camat, Orari dan beberapa media massa. Dalam rapat tersebut juga menindaklanjut adanya kesepakatan dalam pelayanan informasi kebencanaan di Kabupaten Bima.

Beberapa hal penting dalam rapat koordinasi tersebut, antara lain pentingnya optimalisasi peran Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalos) BPBD Kabupaten Bima dalam membuat laporan berkala kejadian bencana, baik pada saat bencana maupun ketika tidak terjadi bencana.

Rakor juga menyepakati bahwa informasi kebencanaan dari Pusdalop, selanjutnya disampaikan ke instansi terkait. Seperti bagian Humas dan Kominfo untuk selanjutnya disebarluaskan melalui beragam saluran yang ada, baik melalui media online, radio komunikasi televisi dan aplikasi berbasis android. Pada point lainnya, juga disepakati perlunya rapat koordinasi secara berkala per triwulan.

Sekretaris BPBD Kabupaten Bima Indra Nurjaya SH mengatakan, Rakor ditujukan untuk mengoptimalkan koordinasi pelayanan informasi kebencanaan yang akurat dan cepat kepada masyarakat.

Dalam tata kelola informasi kebencanaan, akurasi informasi penting untuk pengambilan keputusan secara tepat dan cepat. Karena itu, perangkat komunikasi harus bisa digunakan secara optimal dalam penanggulangan bencana.

Arus informasi kebencanaan harus memiliki satu pintu masuk – keluar, dan sebelumnya diolah, dianalisa setelah itu dikeluarkan melalui Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalop) BPBD.

“Kita berharap Rakor dapat merumuskan satu formula sebagai acuan dalam pengelolaan informasi terkait kebencanaan,” terang Indra.(adi)