Pemdes Rasabou Dorong Kelompok Ekonomi Kreatif Masyarakat

Semua Halaman

.

Pemdes Rasabou Dorong Kelompok Ekonomi Kreatif Masyarakat

REDAKSI
Rabu, 24 Oktober 2018



MEDIANUSANTARA.IDSekertaris Desa Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima Ansari menyatakan bahwa, Pemerintah Desa Rasabou akan tetap membantu dan mendorong kegiatan di bidang usaha kelompok ekonomi kreatif masyarakat agar lebih berkembang dan mampu menciptakan produk produk yang inovatif.

Hal tersebut disampaikannya usai kegiatan Pelatihan Pembinaan dan Pengembangan Usaha Ekonomi Rumahan (Home Industry), di Aula Kantor Desa Rasabou, Selasa (23/10/2018). Tercata 25 orang warga yang diikuti sebagai calon penerima manfaat.

"Kami akan mendukung dan membantu kegiatan usaha kelompok masyarakat agar terus berkembang dan lebih inovatif," ujar Ansari.

Dikatakannya, proses pembinaan tersebut merupakan langkah awal yang dilakukan sebelum ke tahap pemberdayaan (bantuan barang). Adapun kreteria peserta yang mengikuti kegiatan ini yakni ditujukan kepada mereka sebagi pelaku-pelaku usaha kuliner di Desa Rasabou.

"Alokasi anggaran sudah kami siapkan untuk peserta calon penerima bantuan ini. Kurang lebih Rp7 juta yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) yang dikhususkan untuk pembinaan kemasyarakatan," jelasnya.

Menurut Ansari, Home industry di Desa Rasabou yang sudah terdata sebanyak 40 orang. Jenis kegiatan usaha yang ditampilkan yakni kuliner kampung dengan tujuan mengangkat prodak lokal khas Desa Rasabou.

"Tiga jenis kuliner yang akan menjadi perioritas prodak andalan mereka, seperti Saroja, jajan bunga, jape sejenis sarang semut. Prodak-prodak ini nanti menjadi target order pihak konsumen," paparnya.

Pemberdayaan kelompok ekonomi kreatif masyarakat ini akan tetap berkelanjutan hingga 2019. Dengan sasaran bagi warga yang sebelumnya sudah memiliki usaha. “Namun saat ini, kita fokuskan pada kelompok usaha masyarakat miskin yang benar-benar membutuhkan peralatan usaha kuliner," katanya.

Ansari berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat mendorong dan meningkatkan ekonomi kreatif kelompok masyarakat Desa Rasabou, serta termotivasi untuk tetap semangat bekerja," ujarnya.(Agus)