Pembelajaran Literasi Dasar untuk Peningkatan Kompetensi Guru

Semua Halaman

.

Pembelajaran Literasi Dasar untuk Peningkatan Kompetensi Guru

REDAKSI
Rabu, 17 Oktober 2018



MEDIANUSANTARA.ID—Selama sepekan pertama bulan Oktober 2018, Program Kemitraan Australia – Indonesia dalam bidang pendidikan, Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (INOVASI) Kabupaten Bima, telah menggelar serangkaian pelatihan unit pertama yaitu mengenal literasi.
         
Communications Officer INOVASI Bima, Stella Puteri memaparkan, pelatihan literasi dasar ini diharapkan dapat   mendorong peningkatan kapasitas tenaga pendidik dalam pembelajaran literasi dasar.

“Langkah ini juga merupakan awal dari program rintisan transisi dari bahasa ibu yaitu Bahasa Mbojo ke Bahasa Indonesia, yang diberi nama Gerakan Menggunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar (GEMBIRA),” jelasnya, Jum’at (12/10).

Peserta rangkaian pelatihan adalah guru-guru kelas I, II dan Kelas III dari 20 sekolah di lima kecamatan yaitu Woha, Wawo, Belo, Bolo dan Langgudu.

Stella menjelaskan, pelatihan dengan sistem gugus ini ditujukan untuk mendorong peningkatan kapasitas tenaga pendidik dalam pembelajaran literasi dasar melalui rangkaian pelatihan tujuh unit utama literasi.

Pelatihan dipandu oleh fasilitator daerah (Fasda) terlatih pembelajaran literasi dasar di setiap gugus yang juga bertanggung jawab dalam mengamati dan mengevaluasi progres peserta pelatihan.

Senada juga disampaikan Fasda Gugus Kecamatan Woha Ramli S.Pd, yang melaksanakan pendampingan di SDN Sari Kalampa, Desa Kalampa, Rabu (13/10). Ia menuturkan,  pendampingan ini dilakukan sebagai upaya untuk mengukur kemampuan siswa dan menentukan tindakan selanjutnya.

“Guru juga dapat mengevaluasi dan meningkatkan kreativitas mengajar untuk meningkatkan kemampuan baca siswa di kelas dasar,” kata Ramli.

Hasil observasi terkait persiapan guru dalam pembelajaran di kelas dan menerapkan kelas yang literat menjadi catatan untuk dibenahi dan dibahas bersama sebagai sasaran pendampingan berikutnya.(bop)