2.000 Mangrove Ditanam Sepanjang Pesisir Pantai Desa Panda - Palibelo

Semua Halaman

.

2.000 Mangrove Ditanam Sepanjang Pesisir Pantai Desa Panda - Palibelo

REDAKSI
Sabtu, 22 September 2018


MEDIANUSANTARA.ID--Sebanyak 450 personil yang berasal dari Kodim 1608/Bima, Polres Kabupeten Bima, Jajaran Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima, Badan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, anggota DPRD, Camat Palibelo, kepala desa Panda dan kelompok masyarakat desa Se-Kecamatan Palibelo, para siswa SMPN 5 Palibelo dan SMPN 3 Woha, mengikuti aksi Penanaman Mangrove di ruas jalan baru Pesisir Desa Panda-Palibelo, Sabtu (22/9).

Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri memberikan apresiasi atas partisipasi semua elemen dalam kegiatan tersebut.

"Terima kasih kami sampaikan atas partisipasi semua pihak dalam melaksanakan kegiatan yang mulia ini dengan menanam merawat dan menjaga ekosistem pesisir dalam hal ini pohon mangrove," kata Bupati.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bima Ir Hj Nurma M.Si mengatakan, penanaman mangrove ini merupakan kerja sama instansi yang dipimpinnya dengan Jajaran Kodim 1608/Bima, Polres Bima dan instansi terkait, dengan tema "Menamam, Merawat dan Menjaga Hutan Mangrove untuk Kelestarian Lingkungan".

"Penanaman ini juga merupakan Karya Bakti TNI  alam rangka menyongsong Hari Ulang Tahun Ke-73 TNI yang jatuh 5 Okrober 2018 mendatang,'" jelas Hj Nurma.

Aksi bersama jajaran Pemkab Bima dan TNI/POLRI ini, juga  diawali senam sehat bersama. Kemudian dilanjutkan dengan penanaman 2.000 pohon pada areal seluas 5.000 M2 di pesisir Teluk Bima Desa Panda.

Nurma menjelaskan, penanaman mangrove merupakan  program pemberdayaan masyarakat pesisir yang ditujukan untuk meningkatkan pemahaman terkait fungsi dan menjaga ekosistem pesisir dalam mendukung kehidupan di wilayah tersebut.

"Ini diperlukan peran serta seluruh elemen bangsa yang untuk bahwa memberikan kontribusi dalam rehabilitasi dan pelestarian hutan mangrove," harap Nurma.

Sementara, turut serta dalam kegiatan itu, anggota DPRD Kabupaten Bima, Dandim 1608/Bima Letkol (Inf) Bambang Kurnia Eka Putra, Kapolres Bima Kabupaten AKBP Bagus Satrio Wibowo SIK,  Ketua Persit KCK dan Bhayangkari.(adi)

*) Sumber: Diskominfotik Kabupaten Bima