Presiden RI Jokowi Resmikan Bendungan Tanju di Dompu

Semua Halaman

.

Presiden RI Jokowi Resmikan Bendungan Tanju di Dompu

REDAKSI
Selasa, 31 Juli 2018


MEDIANUSANTARA.ID–Presiden RI ir H Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, meresmikan Bendungan Tanju  Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu,  Senin (30/7/2018). Jokowi bersama ibu negara tiba di "Bumi Nggahi Rawi Pahu" sekira pukul 11.02 Wita.

Setelah bertolak dari Lombok Timur guna meninjau lokasi terdampak gempa,  Jokowi menggunakan helikopter dan mendarat di area Helipad Bendungan Tanju, disambut antusiasme  ribuan masyarakat, baik dari warga sekitar, ASN hingga anak-anak yang telah menanti kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini sejak pukul 06.00 wita.

Kedatangan Jokowi di terima langsung oleh Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin dan Bupati Bima Hj Indah Damayanti, serta didampingi Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Provinsi NTB, dan dihadiri pula oleh jajaran Pejabat Kementerian, Forkompimda, Pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu hingga para tokoh masyarakat setempat.

Jokowi menyampaikan salah satu faktor penting untuk kemajuan pembangunan daerah.

“Kunci pembangunan di NTB ini hanya satu yaitu ada air. Kalau tidak ada air, mau tanam apa di Dompu ini,” ungkap Presiden.

Jokowi menyebutkan, Indonesia masih memiliki jumlah waduk yang sedikit dibandingkan negara-negara lain.

“Di negara kita hanya memiliki 231 waduk, di Amerika ada 3.000 lebih dan di China ada 110.000 waduk. Kita masih kekurangan waduk maupun bendungan. Dan di NTB segera di selesaikan 5 waduk,” jelas Jokowi.

“Saya senang sekali, Tanju ini telah selesai. Tanju akan memberikan irigasi air ke 2.250 ha lahan dengan daya tampung 18 jt meter kubik dan semoga komoditas pertanian Dompu  bisa meningkat secara cepat,” lanjutnya

Tidak lupa pula ungkapan terima kasih disampaikan oleh Gubernur NTB atas terselesaikannya bendungan Tanju.  “Terima kasih kepada Bapak Presiden melalui Kementrian PUPR telah berhasil merampungkan proyek Rababaka komplek yaitu bendungan Tanju dan Mila sudah 80% proses pengerjaannya,” ujar TGB.

Peresmian ditandai dengan pembubuhan tandatangan oleh Jokowi yang didampingi oleh Menteri PUPR diikuti dengan penekanan tombol sirine oleh Presiden Joko Widodo.

Sebelum lepas landas, Presiden menyempatkan diri menyapa dan bersalaman langsung dengan masyarakat yang berada di luar area pengamanan. Jokowi memberikan beberapa suvenir dan para warga nampak gembira karena dapat melihat langsung Presiden kebanggaan Republik Indonesia tersebut.(Advt/yadin)