Program Bumi Sejuta Sapi dari Pemprov NTB

Semua Halaman

.

Program Bumi Sejuta Sapi dari Pemprov NTB

REDAKSI
Minggu, 03 Juni 2018



MEDIANUSANTARA.ID—Pemerintah Kabupaten Bima mendapat program Bumi Sejuta Sapi dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, senilai Rp891 juta. Bantuan tersebut diserahkan oleh Sekda Provinsi NTB Ir H Rosiady Husaenie Sayuti M.Sc,P.hD, dalam safari Ramadhan di Masjid Al Amin Desa Rato Kecamatan Bolo, Jum’at (1/6/2018).

Menurut H Rosiady, kegiatan ini berorientasi pada peningkatan populasi untuk mencapai swasembada protein hewani asal ternak. Peningkatan populasi ini untuk mengurangi ketergantungan dari import, dan sekaligus mendukung Indonesia menjadi lumbung pangan dunia.

“Untuk menyukseskan program ini, kita perlu mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya lokal dan peran aktif dari semua pihak. Termasuk masyarakatnya," kata H Rosiady.

NTB salah satu penyumbang ternak sapi lokal yang setiap tahunnya 15 ribu ekor untuk memenuhi kebutuhan daging sapi dalam negeri, sekaligus capaian produksi daging sapi atau kerbau semakin tinggi.

Salah satu cara yang ditempuh untuk mempercepat peningkatan populasi sapi dan kerbau di Indonesia yang saat ini sekitar 13,5 juta ekor, dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya di dalam negeri. Keberhasilan pembangunan peternakan dan kesehatan hewan, utamanya Upsus Siwab merupakan tanggung jawab bersama.

Pelaksanaan program BSS ini dalam rangka untuk mengoptimalkan peternak NTB khususnya, dan Kabupaten Bima umumnya sangat baik sekali. Sehingga cara cara seperti ini dapat mengurangi ketergantungan terhadap import daging sapi.

Rosiady berharap ke depan, dengan bantuan dana ini para peternak sapi di Kabupaten Bima bisa mengembangkan popularitas sapi sebagai pengemban ternak, sehingga dari populasi sapi tersebut maka daging sapi bisa diambil dan dapat diperjual belikan, bahkan dapat dikirim ke NTB sehingga daging sapi tersebut tidak mengalami kekurangan demi kebutuhan masyarakat.(adi)