LPA Rakor Bahas Pendampingan Melindungi Hak Anak

Semua Halaman

.

LPA Rakor Bahas Pendampingan Melindungi Hak Anak

REDAKSI
Minggu, 03 Juni 2018



MEDIANUSANTARA.ID—Lembaga Perlindungan Anak (LPA)  Kabupaten Bima, menggelar Rapat Koordinasi  Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bima, Kamis (31/5/2018).

Ketua LPA Kabupaten Bima Ny Rostiati Dahlan S.Pd dalam pemaparannya mengatakan, rapat  ini ditujukan untuk melakukan evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan. Kehadiran  LPA Kabupaten Bima sudah banyak memberikan kontribusi melalui pendampingan terhadap kasus-kasus kekerasan terhadap anak,  baik di pengadilan terutama pendampingan-pendampingan di luar pengadilan.

Rostiati menambahkan, sebagai mitra Pemerintah Daerah yang melakukan fasilitasi maupun pendampingan dalam melindungi hak-hak anak,  LPA Kabupaten Bima selain harus bersinergi dan melakukan Koordinasi intensif dengan Perangkat Daerah terkait seperti DP3AP2KB,  Dinsos dan lainnya,  juga dengan Lembaga dan Instasi penegak hukum  dalam  penanganan  kasus yang terjadi  pada  anak.

"Untuk lebih mengoptimalkan pelaksanaan tugas lapangan pengurus, diperlukan pembagian tugas  lebih kongkrit para pengurus," ujarnya.

"Pengurus akan diberikan tanggung jawab untuk melakukan pendampingan kasus pidana yang melibatkan anak-anak berdasarkan pembagian  wilayah/Kecamatan.  Hal ini untuk kemudahan penanganan dan pelaporan kasus," lanjut Rostiati.

Rostiati berharap, untuk peningkatan dan kelancaran koordinasi,  komunikasi dan pengeloaan informasi terkait data dan kondisi lapangan, seluruh pengurus LPA dapat berperan aktif dalam melakukan pendampingan dan penanganan kasus. Dengan demikian,  masing-masing anggota harus bertanggung jawab terhadap kasus yang  ada di wilayahnya.

Rapat  juga melakukan evaluasi berkaitan dengan kegiatan kesekretariatan yang masih perlu ditingkatkan untuk menunjang secara optimal kegiatan lapangan pengurus.(adi)

*) Sunber: Bidang Komunikasi Publik Diskominfostik Kabupaten Bima