BPBD Gandeng PT New Sentosa Sosialisasi Pemanfaatan Alat Pemadam Kebakaran

Semua Halaman

.

BPBD Gandeng PT New Sentosa Sosialisasi Pemanfaatan Alat Pemadam Kebakaran

REDAKSI
Rabu, 09 Mei 2018



MEDIANUSANTARA.ID--Penyelenggaraan penanggulangan bencana yang cepat, tepat dan tangguh merupakan hal yang mutlak dilakukan. Hal ini disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bima, Ir H Nurdin, saat membuka acara sosialisasi Optimalisasi Pemanfaaatan Sarana dan Prasarana Pemadam Kebakaran, di Hotel Marina, Rabu (9/5/2018). Kegiatan tersebut diadakan oleh BPBD Kabupaten Bima bekerjasama dengan PT New Sentosa.

H Nurdin mengatakan, pada hakekatnya bencana adalah sesuatu yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan. Pandangan ini memberikan arahan bahwa bencana harus dikelola secara menyeluruh sejak sebelum bencana, pada saat bencana, dan setelah kejadian bencana, sehingga dibutuhkan manajemen khusus dalam penanganannya. 

“Dalam manajemen bencana terdapat empat tahapan penanggulangan bencana. Meliputi rencana penanggulangan bencana, rencana kesiapsiagaan, rencana tanggap darurat dan rencana pemulihan,” ujarnya.

Sosialisasi optimalisasi pemanfaatan sarana dan prasarana pemadam kebakaran diperlukan sebagai langkah kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana kebakaran. Dengan upaya peningkatan kewaspadaan, kita dapat mengurangi ketidakpastian melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang handal dalam penanganan bencana kebakaran. Karenanya, perhatian dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana yang cepat, tepat dan tangguh merupakan hal yang mutlak dilakukan lebih khusus terhadap jenis ancaman bencana kebakaran.

“Kegiatan ini menjadi sangat tepat dan strategis mengingat kejadian bencana kebakaran di wilayah Bima dan Dompu semakin meningkat, yang mengakibatkan kerugian harta benda dan kerusakan sarana dan prasarana bahkan korban jiwa,” tutup H Nurdin.

Pada kesempatan itu, Marketing PT New Sentosa Desi juga menyampaikan, bahwa PT New Sentosa International memiliki fasilitas produksi yang berlokasi di Kalibening, Magelang, Jawa Tengah. Seluruh kegiatan produksinya dilakukan oleh tenaga kerja terampil putra putri Indonesia mulai dari perancangan awal (penyusunan desain) sampai sentuhan akhir. 

Selain itu, bahan (material) yang digunakan pun sebisa mungkin menggunakan produk buatan dalam negeri, kecuali beberapa komponen seperti mesin kendaraan dan mesin pompa yang sejuah ini masih menggunakan mesin buatan luar negeri. Dengan demikian, seluruh kendaraan pemadam kebakaran buatan PT New Sentosa International memiliki tingkat kandungan lokal yang tinggi, yaitu di atas 80%. 

“Perusahaan juga sudah mengekspor puluhan mobil pemadam kebakaran beserta peralatan pemadam kebakaran buatan dalam negeri ke berbagai negara di dunia. Seperti Bangladesh, Vietnam, Jepang, Tanzania, Sudan, Nigeria dan Inggris," ujar Desi.(wb)