Sudah 3 Hari Dikubur, Jasad Siti Aminah Diotopsi

Semua Halaman

.

Sudah 3 Hari Dikubur, Jasad Siti Aminah Diotopsi

REDAKSI
Jumat, 23 Maret 2018


MEDIANUSANTARA.ID—Jasad Siti Aminah Abdullah (45), warga Desa Ndano Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang meninggal di wilayah Desa Sori Utu Kecmatan Manggelewa Kabupaten Dompu, akhirnya dilakukan otopsi setelah permintaan pihak keluarga korban.

Pihak keluarga korban menilai, ada kejanggalan kematian almarhum Siti Aminah. Sehingga pihak keluarga pun meminta kepolisian untuk dilakukan otopsi kendati harus menggali kembali kuburan almarhun yang sudah tiga hari dikubur.

“Memang korban sudah divisum oleh tim medis (dokter) PKM Kecamatan Manggelewa, namun kami belum yakin,” kata Mulyadi, salah satu keluarga korban di TPU Ndano.

Atas permintaan itu, Tim Forensik Polda NTB pun diturunkan. Satuan aparat Kepolisian Resor (Polres) Bima Kabupaten dan satuan Polsek Manggelewa, turut membantu mengamankan jalannya otopsi tersebut. Ratusan warga pun terlihat berbondong bondong mendatangi lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Ndano, Rabu (21/3/2018) kemarin, guna menyaksikan langsung penggalian kembali kubur almarhum Siti Aminah.

Pantauan langsung di TKP, otopsi dimulai sekira pukul 14.23 Wita. Tidak hambatan dihadapi dalam kegiatan tersebut.

Kasat Reskrim Polres Kabupaten Dompu AKP Daniel Partogis Simangunson SIK menyampaikan, dari hasil otopsi ini, untuk sementara tidak ada tanda tanda kekerasan pada organ tubuh korban (Siti Aminah Abdullah). Dan tampak luar banyak terjadi posmortem akibat perubahan kulit pada kematian.

“Tim forensik telah mengambil beberapa bagian organ tubuh korban untuk sampel. Sehingga kepastian hasil otopsi ini akan diinformasikan lebih lanjut,” katanya usai kegiatan otopsi.(*)


*) Penulis: Adi Pradana