Buset..! Biaya Administrasi Pindah dari SMPN 4 Bolo Sebesar Rp2 Juta?

Semua Halaman

.

Buset..! Biaya Administrasi Pindah dari SMPN 4 Bolo Sebesar Rp2 Juta?

REDAKSI
Jumat, 09 Maret 2018


MEDIANUSANTARA.ID—Ada ada saja dilakukan oleh oknum Kepala TU SMPN 4 Bolo, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Anwar alias Tri ini. Dimana untuk mengurus administrasi siswa yang pindah sekolah, siswa harus mengeluarkan biaya yang cukup besar.

Dugaan pungli yang dilakukan oleh Anwar alias Tri ini, bermula dari seorang siswa SMPN 4 Bolo bernama Firmansyah (korban). Siswa kelas 2-1 ini mengajukan permohonan pindah ke sekolah lain. Namun ironisnya, korban diminta uang senilai Rp2 juta dengan alasan biaya administrasi.

Orang tua korban, Nuraeni, warga Desa Tambe Kecamatan Bolo yang saat ini berada di Brunei (TKW), pun memberikan uang sebesar Rp2 juta itu kepada Kepala TU SMPN 4 Bolo Anwar alias Tri. Uang tersebut ditransfer melalui rekening bersangkutan (Anwar alias Tri).
            
Terbongkarnya kasus pungli tersebut, setelah pihak keluarga korban mendatangi sekolah setempat. Kedatangan mereka untuk mencari Anwar alias Tri sekaligus menanyakan berkas administrasi yang dibutuhkan. Namun, Kepala SMPN 4 Bolo yang ditemuinya sontak mendengar adanya biaya administrasi jutaan rupiah itu.

“Urusan pindah sekolah, tidak ada biaya sepersen pun yang dikeluarkan oleh siswa. Karena yang teken suratsurat itu adalah kepala sekolah,” kutip keluarga korban setelah mendengar penjelasan dari  kepala sekolah setempat.
            
Nuraeni—orang tua Firmansyah—pun kaget setelah mendapat kabar dari sudaranya di kampung, bahwa dirinya (Nuraeni) diduga telah ditipu oleh Anwar alias Tri terkait biaya administrasi pindah sekolah.

Sementara itu, Kepala TU SMPN 4 Bolo Anwar alias Tri yang di konfirmasi, mengakui telah menerima uang sebesar Rp2 juta dari dari orang tua Firmansyah. “Betul uang uang itu saya terima. Dan uang itu saya akan kembalikan,” katanya dan mengelak saat mau di foto.(ris/adi)