Pemkot Bima Perpanjang MoU dengan PT Garuda Indonesia

Semua Halaman

.

Pemkot Bima Perpanjang MoU dengan PT Garuda Indonesia

REDAKSI
Rabu, 24 Januari 2018


MEDIANUSANTARA.ID—Walikota Kota Bima HM Qurais H Abidin dan General Manager PT Garuda Indonesia BO Lombok Muhamad Yans Verio, menandatangani Nota Kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) di Ruangan Kerja Walikota Bima, Rabu (24/1/2018).
            
MoU tersebut meliputi bidang peningkatan pelayanan jasa angkutan udara, yang mana layanan Kerjasama Korporasi yang bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan jasa angkutan udara/penerbangan untuk penumpang pada rute penerbangan dalam dan luar negeri.
            
Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Bima Syahrial Nuryadin SIP,MM menjelaskan, Nota Kesepakatan bersama ini merupakan pembaharuan dari MoU yang ditandatangi pada tahun 2015 lalu, dengan jangka waktu lebih kurang selama 2 tahun. MoU ini berlaku sejak tanggal 11 November 2017 hingga 31 Desember 2019.

Salah satu poin dalam MoU ini adalah penyediaan layanan jasa angkutan udara/penerbangan untuk Pemerintah Kota Bima termasuk karyawan untuk rute penerbangan dalam negeri dan internasional, kecuali rute kerjasama PT Garuda Indonesia dengan perusahaan penerbangan lainnya (codeshare).
            
Nota Kesepakatan ini tidak mengurangi hak dan wewenang Pemerintah Kota Bima dan PT Garuda Indonesia untuk menyelenggarakan kerja sama sejenis dengan perusahaan lainnya, ataupun demikian sebaliknya dengan pengguna jasa angkutan lainnya atau sejenis maupun terkait.
            
“Walikota menyampaikan rasa senangnya. Karena masyarakat dan Pemerintah Kota Bima, sangat terbantu dengan kerja sama ini, mengingat mobilitas warga Kota Bima cukup tinggi,” ujar Syahrial menyampaikan pertemuan itu.
            
Dampak penting terhadap hal ini adalah semakin meningkatnya kesejahteraan rakyat yang ditandai dengan pencapaian angka kemiskinan paling rendah di NTB. Kota Bima memiliki angka kemiskinan 12,8 persen, lebih rendah dari rata-rata NTB. Bahkan lebih rendah dari angka rata-rata nasional. Visi Kota Bima tahun 2013 – 2018 adalah “menuju Kota Bima sebagai kota perdagangan dan jasa yang beriman, maju, adil dan sejahtera”.

            
“Sesuai dengan visi ini, maka tentunya mobilitas pemerintah dan masyarakat Kota Bima akan semakin tinggi. Mengingat sektor perdagangan, kini berkembang sangat pesat. Para pedagang Kota Bima membeli suplai barangnya dari luar daerah, paling banyak dari Surabaya dan Jakarta. Jumlah penerbangan yang ada sekarang mulai kewalahan melayani penumpang dari dan ke wilayah Bima,” demikian disampaikan Walikota.(advt/ris)