Kilas Balik Pelaksanaan MTQ Ke-27 Tingkat Propinsi NTB

Semua Halaman

.

Kilas Balik Pelaksanaan MTQ Ke-27 Tingkat Propinsi NTB

REDAKSI
Senin, 06 November 2017

MEDIANUSANTARA.ID—Hampir sepekan lamanya, pelaksanaan kegiatan Musabaqah Tilawati Qur’an (MTQ) Ke-27 Tingkat Propinsi Nusa Tenggara Barat di loksi Persiapan Kantor Pemerintah Kabupaten Bima, berjalan sukses, aman dan penuh dengan antusianisme masyarakat Kabupaten Bima. Tanpa terkecuali, Kota Bima dan Kabupaten Dompu, pun ambil bagian turut menyukseskan kegiatan keagamaan tersebut.

Sejak kegiatan pawai ta’ruf hingga acara penutupan, masyarakat Kabupaten Bima begitu antusias menyambut para rombongan Kafilah dari sejumlah Kabupaten/Kota di NTB. Pelayanan yang diberikan pun, dilakoni bersama baik dari pemerintah maupun masyarakat. Salah satunya adalah penyediaan sarana dan fasilitas (mondok) untuk memberikan kenyamanan bagi para tamu (Kafilah).

Di Kecamatan Bolo—merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Bima yang ditunjuk Pemerintah Daerah sebagai tempat pemondokan rombongan Kafilah dari Kota Bima, Mataram, Sumbawa, Lombok Tengah dan tamu lainnya. Pelayanan yang diberikan masyarakat Bolo, pun menjadi kesan istimewah tersendiri yang dirasakan para tamu. Seperti pada sisi keamanaan dan kenyamanan hingga pada kebutuhan yang berkaitan dengan kegiatan MTQ.

Kebersamaan masyarakat Bolo dalam memberikan pelayanan untuk para kafilah selama kegiatan kemarin, juga mengharumkan nama daerah dimata para tamu. Itu terlihat dari suasana keharmonisan antara tamu dengan masyarakat di lokasi pemondokan kafilah. Antara satu sama lain, mereka saling berbagi ilmu dan pengalaman khususnya berkaitan aqidah dan agama. Tak ada waktu yang terbuang selama sepekan di pemondokan kafilah. Hal-hal seperti ini salah satunya dilakukan oleh warga Desa Rasabou Kecamatan Bolo. Bahkan salah satu tuan guru dari rombongan Kafilah Kota Mataram, diberi kesempatan untuk menyampaikan khotbah dan menjadi iman sholat berjamaah di Masjid As Suhada  desa Setempat.  

Kemudian pada akhir kegiatan MTQ ke 27 Tingkat Propinsi NTB, Rabu (1/11/2017) laluWakil Gubernur NTB HM Amin SH,M.Si—menutup secara resmi Mushabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ). Dan, para juara dari berbagai mata lomba diumumkan.

Berikut juara MTQ Ke-27 Tingkat Propinsi NTB tahun 2017 berdasarkan nama kontingen. Yaitu Juara I diraih oleh Kontingen Lombok Barat, Juara II dari Kontingen Lombok Tengah, Juara III Kontingen asal Kota Bima, Juara IV diraih oleh Kontingen Kota Mataram, Juara V diraih oleh Kontingen Kabupaten Bima, Juara VI diraih oleh Kontingen Lombok Timur, Juara VII diraih oleh Kontingan Sumbawa Besar, Juara VIII diraih oleh kontingen Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Dompu dan Juara IX diraih oleh kontingen Kabupaten Sumbawa Barat.

Dari prestasi yang diraih para Qori dan Qori’ah tersebut, Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri menyampaikan ucapkan selamat atas berhasil meraih juara dan predikat terbaik. Dan, ia berpesan bahwa prestasi yang telah diraih itu memiliki konsekuensi untuk mempersiapkan diri agar terus berlatih. Sehingga pada gilirannya bisa membawa harum  nama Nusa Tenggara Barat pada pelaksanaan MTQ Tingkat Nasional maupun Internasional.


“Bagi Qori dan Qori’ah yang belum meraih prestasi, agar jangan berkecil hati. Teruslah berlatih dan memacu diri agar bisa mewujudkan prestasi pada pelaksanaan MTQ  pada tahun tahun mendatang,” pesan Bupati.(Advt/ris)