Ini Rangkaian Kegiatan MTQ Ke 27 Provinsi NTB

Semua Halaman

.

Ini Rangkaian Kegiatan MTQ Ke 27 Provinsi NTB

REDAKSI
Kamis, 19 Oktober 2017
Kabag Humas Protokoler Setda Bima Armin Farid S.Sos

MEDIANUSANTARA.ID—Pelaksaan kegiatan MTQ Ke 27 Provinsi NTB di Kabupaten Bima, akan diawali penerimaan para Kafila pada tanggal 25 Oktober 2017—atau Malam Ta’ruf di Paruga Nae Kecamatan Bolo. Sehari kemudian, akan dilaksanakan pawai ta’ruf yang melibatkan 10 Kafila Kabupaten/Kota se-NTB dan dimeriahkan oleh OPD Lingkup Pemkab Bima serta seluruh kecamatan dengan iringan kesenian tradisional, termasuk Drum Band dan Hadrah Rebana. Kemudian rute pawai Ta’ruf, dari kantor Camat Woha menuju Lapagan Desa Talabiu.

Kabag Humas dan Protokol Setda Bima Armin Farid S.Sos juga menjelaskan, acara malam pembukaan dilaksanakan pada 26 Oktober 2017, di arena utama MTQ di halaman Kantor Bupati Bima, di Desa Godo Kecamatan Woha. MTQ akan dibuka oleh Gubernur NTB, dengan beberapa rangkaian acara tarian massal Kolaborasi Tiga Etnis yang melibatkan 800 orang personil oleh  Seniman Aan Saputra dan Sanggar Seni Muda Bersatu.

Kata Armin, adapun tempat penginapan—yaitu untuk Dewan Hakam di Hotel Kalaki Beach dan Nggempo Beach. Penginapan Kafila disediakan di rumahrumah penduduk di Kecamatan Bolo dan Woha.

Di Dusun Bugis Desa Timu Kecamatan Bolo, lanjut Armin, disiapkan penginapan untuk Kafila Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Dompu, Kafila Kabupaten Sumbawa di Desa Rato, Kota Bima di Dusun Tegar Sari Desa Rato dan Kota Mataram di Desa Rasabou.

Untuk Kafila Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Utara, disiapkan di Desa Talabiu Kecamatan Woha—kemudian Kafila Kabupaten Bima di Desa Rabakodo dan Kabupaten Lombok Barat di Desa Tente dan Rabakodo.


Armin juga menjelaskan, adapun lokasi kegiatan MTQ disiapkan empat titik. Yaitu di arena utama untuk golongan anak anak, remaja, cacat netra dan dewasa. Di lapangan Desa Talabiu untuk mata lomba golongam Qira’at Saba’ah, di Masjid Al-Amin Desa Rato untuk golongan MHQ 1 sampai 5  Juz Tilawah. Di masjid Al-Abrar Desa Kananga Kecamatan Bolo untuk mata lomba Golongan MHQ 10.20 dan 30 Juz Tilawah.(adi)