Peran Kampung KB Sukseskan Program Nawacita

Semua Halaman

.

Peran Kampung KB Sukseskan Program Nawacita

REDAKSI
Senin, 04 September 2017

MEDIANUSANTARA.ID—Kampung Keluarga Berencana (KB) di Kecamatan  Raba-Kota Bima, telah dicanangkan, pada 30 Agustus 2017 lalu. Wakil Walikota Bima H A Rahman H Abidin SE yang hadir langsung dalam pencanangan tersebut, juga melakukan pemantapan pelaksanaan operasional program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).
Kegiatan tersebut dilakukan di Lingkungan Busu Kelurahan Ntobo Kecamatan Raba. Pencanangan ditandai dengan pelepasan balon di SDN 52 Kota Bima. sebelumnya, kegiatan serupa telah dilaksanakan di Kelurahan Sadia Kecamatan Mpunda.
            Wakil Walikota menyampaikan apresiasi kepada Tim Penggerak PKK Kota Bima, organisasi wanita dan Dinas Pemberdayaan dan Pengendalian Perempuan yang telah sukses mendukung sekaligus mengampanyekan program Keluarga Berencana, keluarga bahagia dan sejahtera.
“Berkat kerja keras organisasi wanita beserta semua pihak, tahun 2016 Pemerintah Kota Bima mendapatkan Penghargaan Satya Lencana di Bidang Kependudukan dari Presiden RI. Alhamdulillah, tahun 2017 ini, kita kembali menerima penghargaan di Bidang Kependudukan dari BKKBN pusat,” kata Wakil Walikota.
            Diakui pula, penghargaan yang diperoleh merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat terhadap kinerja baik pemerintah daerah dalam rangka membangun keluarga sejahtera dan keluarga bahagia sekaligus mampu mengendalikan laju pertumbuhan penduduk.
            Kampung KB memiliki peran penting dalam rangka mensukseskan salah satu program Nawacita Pemerintah. Yaitu membangun masyarakat dari pinggiran, karena kampung KB dibentuk untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat pada tingkat kampung melalui program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas
            Kampung KB tak hanya berbicara soal membatasi ledakan penduduk, tapi juga memberdayakan potensi masyarakat agar berperan nyata dalam pembangunan. Selain itu, peran serta pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta, sangat diharapkan dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidupnya.
“Kesuksesan program ini tergantung pada kerjasama berbagai elemen yang terlibat, mulai dari pemerintah, lembaga non pemerintah maupun swasta,” ujar Wakil Walikota.
            Menurut pengantar Sekertaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Bima Dra Siti Asmah, kegiatan ini dilakukan sebagai tindak lanjut pencanangan kampung KB tingkat nasional oleh Presiden RI, di Desa Merta Singa Kabupaten Cirebon Jawa Barat. Dan, pencanangan kampung KB tingkat provinsi oleh Gubernur NTB di Dusun Telaga Waru Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat.

Sementara itu, kegiatan pencanangan tersebut, juga dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bima Hj Yani Marlina, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Bima, anggota Bhayangkari, anggota Persit Kartika Chandra Kirana, camat, lurah, penyuluh dan PKK, tokoh wanita, tokoh agama serta tokoh masyarakat di Kelurahan Ntobo Kecamatan Raba.(haris)