Lagi, 61 Instansi Pemerintah Buka 17.928 Lowongan CPNS

Semua Halaman

.

Lagi, 61 Instansi Pemerintah Buka 17.928 Lowongan CPNS

REDAKSI
Rabu, 06 September 2017

MEDIANUSANTARA.ID—Setelah pembukaan lowongan CPNS di dua instansi pada Agustus lalu, kini Pemerintah kembali membuka lowongan CPNS putaran kedua di 60 Kementerian/Lembaga dan satu pemerintah provinsi, yaitu Provinsi Kalimantan Utara.
             Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asma Abnur mengatakan, kebijakan penerimaan CPNS tahun 2017 ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada jabatan-jabatan strategis (core business) yang mendukung Nawacita sebagai pengganti PNS yang pensiun, serta karena adanya peningkatan beban kerja pada Kementerian/Lembaga dimaksud.
            Khusus untuk Pemerintah Provinsi Kalimanta Utara, ujar Menteri, pertimbangannya karena daerah itu merupakan provinsi pemekaran yang masih sangat kurang pegawai. “Formasi untuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara sebanyak lima ratus, sedangkan jumlah lowongan/formasi CPNS untuk kementerian/lembaga, sebanyak 17.428,” ujarnya dalam Press Release yang diterima medianusantara.id, Selasa (5/9/2017) malam.
            Dijelaskan, formasi untuk kementerian/lembaga, termasuk untuk putra/putri lulusan terbaik, (cumlaude/dengan pujian) sebanyak 1.850, penyandang disabilitas sebanyak 166, serta putara/putri Papua dan Papua Barat sebanyak 196.
            Seperti pendaftar sebelumnya, calon pelamar hanya dapat mendaftar pada satu instansi dan memilih satu jabatan. “Bagi pelamar yang sudah mendaftar pada penerimaan putaran pertama (Kementerian Hukum dan HAM dan Mahkamah Agung) diperbolehkan mendaftar kembali dengan menggunakan account SSCN yang telah dibuat sebelumnya,” tegas Asman.
            Menteri menambahkan, apabila terdapat pendaftar pada penerimaan putaran pertama sudah dinyatakan lulus/final, diminta tidak untuk mendaftar lagi pada penerimaan putaran kedua.
            Diingatkan, pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2017 ini dilakukan berdasarkan prinsip kempetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN, dan tidak dipungut biaya. Informasi resmi terkait dengan persyaratan pendaftaran dan jadwal dapat diakses mulai, Selasa 5 September 2017 pukul 23.00 WIB disitus Kementerian PANRB www.menpan.go.id, situs BKN: https://sscn.bkn.go.id, serta situs Kementerian/Lembaga yang bersangkutan.
            Menteri kembali menegaskan agar masyarakat/calon pelamar termasuk orang tua pelamar tidak mempercayai apabila ada orang/pihak-pihak tertentu (calo) yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi dengan kaharusan menyediakan sejumlah uang atau imbalan lainnya.

            “Waspadai adanya penipuan. Jangan terkecok dengan iming-iming oknum yang mengaku bisa membantu. Tidak orang yang bisa membantu meluluskan CPNS,” tegas Asman.(adi)