Kabupaten Meranti-Riau Ternyata Memiliki Sumur Gas Alam

Semua Halaman

.

Kabupaten Meranti-Riau Ternyata Memiliki Sumur Gas Alam

REDAKSI
Rabu, 26 April 2017
MEDIANUSANTARA.ID—Indonesia merupakan Negara yang memiliki kekayaan alam yang cukup melimpah. Bahkan hampir di seluruh kepulauan kecil dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini, dilimpahkan bermacam-macam sumber daya alam. Ada batu bara, gas, emas, uranium maupun jenis-jenis potensi sumbedaya alam lainnya.
Baru-baru ini, terungkap potensi sumberdaya alam berupa gas bumi/alam yang muncul di salah satu ladang miliki warga masyarakat.
Sebut saja di Desa Kerabu Rapat Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Meranti, Provinsi Riau. Di desa tersebut, telah ditemukan sumur gas bumi/alam yang nilai dapat memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Salah satunya sebagai alat pembangkit listrik disamping menjadi energi alternatif lainnya.  
Dengan ditemukannya ladang sumur gas di Desa Kerabu Rapat tersebut diharapkan dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat setempat, selain menambah PAD Kabupaten Meranti.
            Menurut M Solihin, Pemerintah Pusat dan investor dapat ikut dalam pengelolaan sumur gas yang dapat memberikan manfaat bagi kelangsungan hidup masyarakat terutama di Daerah Meranti.
Harapan itu disampaikan dalam pertemuan dengan beberapa investor di Jakarta, Selasa (25/4/2017) kemarin. M Solihin membeberkan keberadaan lokasi sumur gas alam/bumi tersebut. “Lokasinya di pulau Rancang yang berhadapan dengan selat Malaka, dengan jarak sekitar 20 kilometer dari Kota/Kabupaten Meranti,” ujarnya.

            “Akses jalan untuk ke lokasi, sudah bisa dilalui. Termasuk pelabuhan laut sangat memungkinkan,” kata Solihin kepada wartawan MN, disela-sela pemaparannya dengan beberapa investor yang tertarik setelah melihat video yang berdurasi 1.22 menit itu.(cen)