Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan

Semua Halaman

.

Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan

REDAKSI
Rabu, 29 Maret 2017

MEDIANUSANTARA.ID—Pemerintah Kabupaten Bima bekerjasama dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi NTB mengadakan Diklat Calon Kepala Sekolah (In Service I) Tahun 2017, di Hotel Lila Graha Kota Bima, Senin (20/3/2017).
Kegiatan diklat yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Bima Drs Dahlan M Noer, dihadiri pula Kepala LPMP Provinsi NTB, Kepala BKD Kabupaten Bima beserta jajaranya, para Kepala SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, para Widyaswara dan tutor pengajar serta para peserta diklat calon Kepala Sekolah.
Wabup Bima Drs Dahlan M Noer mengatakan, kepala sekolah memiliki peran strategis dalam peningkatan mutu, relevansi dan daya saing pendidikan. Dan juga memiliki peran penting dalam upaya membentuk insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif melalui kesungguhan dan kreativitasnya dalam mengelola sekolah yang menjadi tanggung jawabnya.
Sebagai konsekuensinya, kepala sekolah merupakan orang-orang yang terpilih dari sisi kualifikasi maupun kompetensinya, sebagaimana dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007.  
Berpijak pada kondisi tersebut, Pemerintah melalui Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010 telah mengatur pola seleksi calon kepala sekolah melalui proses rekrutmen serta pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah. Dan, setiap guru yang dicalonkan sebagai kepala sekolah harus mengikuti proses penyiapan.

Ia berharap, melalui diklat ini calon kepala sekolah akan menerima ilmu dan pengetahuan dalam memanajemen sekolah yang akan dipimpin. “Seorang kepala sekolah harus dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam peningkatan mutu pendidikan itu sendiri selain memberikan contoh kepada para guru-guru pengajar,” ujar Wakil Bupati.(bop)