Ketua MK: Hakim Perlu Mencontoh Cara Nabi

Semua Halaman

.

Ketua MK: Hakim Perlu Mencontoh Cara Nabi

REDAKSI
Jumat, 31 Maret 2017

MEDIANUSANTARA.ID—Jajaran Pemerintah Kabupaten Bima melakukan silaturahmi dengan Ketua Mahkamah Konstitusi RI DR Hamdan Zoelva SH.MH guna “Merancang Masa Depan Bima Sebagai Daerah Pusat Pendidikan di Wilayah Nusa Tenggara”.

 Dalam acara "Merancang Masa Depan Bima Sebagai Daerah Pusat Pendidikan di Wilayah Nusa Tenggara", DR Hamdan Zoelva SH.MH menjadi panelis tunggal. DR Hamdan Zoelva mengatakan, Bima merupakan satu bangsa yang luar biasa dan memiliki tradisi rantau yang cukup kuat.

Hamdan juga menyetir bagaimana hakim memutus perkara sesuai dengan tuntunan Rasulullah Muhammad SAW. Hakim perlu mencontoh cara Nabi dalam memimpin dan memutus perkara. “Bila anakku Fatimah mencuri, maka tangannya akan dipotong. Ada Uswah atau suri tauladan bahwa dalam memutus perkara, tidak kenal keluarga. Dan, hakim harus harus tega, karena ini penting dalam menegakkan kebenaran,” tegas Ketua MK ini didampingi istri Nina Damayanti SH. 

Menyinggung pentingnya peningkatan kualitas SDM, Hamdan menjelaskan, kalau kita melihat peradaban dunia yang maju, kaya dan sejahtera, itu ditopang dua unsur pokok yaitu perkembangan IPTEK dan kekuatan Sumber Daya Alam (SDA). 

Kekuatan SDA yang ditopang oleh SDM hebat, maka akan makmur. Namun ilmunya kurang, maka akan dijajah. Hal yang paling pokok adalah ilmu pengetahuan, sebab negara dengan ilmu pengetahuan yang maju meskipun tanpa SDA yang memadai seperti Jepang menjadi negeri yang maju. “Jadi kekuatan ilmu pengetahuan memang luar biasa,” urainya.(bop)