JNE Hadirkan JNE Ngajak Online 2022 Dukung UMKM Mataram Perluas Pasar di Era Digital

Semua Halaman

.

JNE Hadirkan JNE Ngajak Online 2022 Dukung UMKM Mataram Perluas Pasar di Era Digital

REDAKSI
Kamis, 01 September 2022

 



| MATARAM-MN | Pasca pandemi COVID-19 melanda sejak 2020 silam, berbagai upaya dilakukan oleh pegiat UMKM untuk mampu mengadopsi kanal digital sebagai satu-satunya sarana pemasaran. Selain melalui media sosial, pegiat UMKM juga mulai menjajal marketplace untuk terus mendatangkan konsumen baru. 

 

Mendukung upaya tersebut, JNE sebagai mitra UMKM Mataram kembali mengadakan JNE Ngajak Online 2022, Goll…Aborasi Bisnis Online Kota Mataram, Rabu (31/8/2022).

 

Webinar ini dimeriahkan dengan kehadiran tiga narasumber yaitu Misti Lulu Indrayani selaku Branch Manager JNE Mataram, Baiq Atikan selaku Manager Karya Iwin Insani, dan Sayuk Wibawati selaku Owner Nutsafir Cookies. Webinar ini dihadiri oleh 162 pegiat UMKM setempat, yang menunjukkan antusiasme ratusan UMKM tersebut untuk bisa bangkit kembali dan berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi negeri.

 

Branch Manager JNE Mataram Misti Lulu Indrayani—saat membuka webinar mengatakan, Pandemi tak hanya memberikan tantangan namun juga peluang yang banyak juga potensinya. Dalam hal ini, JNE siap memfasilitasi UMKM untuk bisa maksimal dalam penjualan online. Sehingga UMKM juga perlu semangat untuk kembali bangkit dan mampu menyesuaikan diri dengan pola belanja konsumen yang terus berubah.

 

“Atas dasar tersebut, JNE Mataram mendukung UMKM setempat untuk bertumbuh bersama dan mentransformasi bisnis agar tak hanya offline saja, namun juga mampu menguasai kanal online,” kata Misti Lulu Indrayani. 

 

JNE Mataram juga menghadirkan berbagai layanan untuk mendukung aktivitas pengiriman UMKM. Seperti adanya promo gratis ongkir pada momentum tertentu, potongan ongkos kirim berkala, layanan JLC (JNE Loyalty Card) dengan berbagai apresiasi seperti umroh, hingga beragam hadiah lainnya, serta layanan e-fulfillment atau pergudangan. Hal ini untuk mendukung aktivitas UMKM setempat sehingga terus produktif.

 

Manager Karya Iwin Insani Baiq Atikan, mendukung upaya tersebut dengan memberikan tips bagi UMKM Mataram.

 

“UMKM perlu memperhatikan diferensiasi, yang membuat beda produk kami adalah bahan baku yang digunakan merupakan produk lokal. Selain itu, juga diproduksi langsung oleh orang Dayak dan produk yang kami pasarkan ramah lingkungan dengan kemasan yang dapat didaur ulang,” ujar Baiq. 

 

Pandemi COVID-19 tentu menjadi tantangan bagi banyak UMKM, hal ini dirasakan oleh Sayuk Wibawati, Owner Nutsafir Cookies yang sempat mengalami penurunan omzet.

 

“Kendala ini tidak jadi masalah. Kami cepat berusaha bangkit meski toko pernah benar-benar tutup. Sehingga kami mulai mengolah penjualan secara profesional di market place, dan memaksimalkan pemasaran di media social,” ujarnya. 

 

Selain itu, Sayuk juga menyampaikan rasa syukurnya atas kerja sama pengiriman yang dijalin dengan JNE.

 

“Tak hanya fokus dengan konsumen, kami juga melakukan strategi B2B (Business to Business) dengan melakukan kerja sama dengan JNE untuk memastikan produk sampai ke konsumen dengan aman dan cepat,” tutup Sayuk. 

 

Hal menarik lain bagi UMKM adalah hadirnya Roket Indonesia yang saat ini banyak digemari pegiat UMKM di berbagai kota untuk pengantaran instan. Tak hanya gesit, aplikasi ini juga membolehkan penggunanya mengantar paket ke beberapa tempat dalam satu pesanan.                                             

Aplikasi ini telah mencapai lebih dari 55.000 transaksi setiap bulannya yang 58% diantaranya merupakan pengantaran makanan.

 

Sementara itu, Head of Roket Indonesia Luthfi Safitri Zein menyatakan, layanan ini bisa menjadi ekosistem baru bagi UMKM untuk menghantarkan paket ke konsumen.

 

“Selain makanan, kami juga sangat terbuka dengan komoditi lainnya. Saat ini kami membuka peluang kerja sama untuk membuat promo hari tematik, free ongkir, atau giveaway bagi konsumen,” ujar Luthfi. 

 

Sebagai informasi, Mataram merupakan kota ke-38 dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online. Pada tahun 2021 telah dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Setelah Kota Mataram, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di Kota Probolinggo pada 6 September 2022 mendatang.

 

Sumber           : Humas JNE Mataram

Editor             : Adi