Bupati Dompu AKJ: Berikan Ruang Bagi Anak Remaja untuk Tumbuhkembang

Semua Halaman

.

Bupati Dompu AKJ: Berikan Ruang Bagi Anak Remaja untuk Tumbuhkembang

REDAKSI
Kamis, 05 Mei 2022

 

Senyum ramah tiga Bidadari di lokasi Sholat Idul Fitrih 1 Syawal 1443 Hijriah, di Lapangan Beringin Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Senin (2/5/2022). | Doc.MN/Bim |  


| DOMPU – NTB | Bupati Dompu Kader Jaelani peduli terhadap tumbuh kembang anak remaja di Bumi Nggahi Rawi Pahu dan untuk mendayagunakan potensi diri mereka agar mampu tumbuh dengan baik dan maksimal mengajak elemen masyarakat di daerah ini untuk memberikan perhatian yang lebih serius bagi kemajuan dan peningkatan potensi diri anak remaja.

 

Berkaitan dengan hal tersebut dalam amanatnya dimomen pelaksanaan sholat Idhul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah atau bertepatan dengan hari Senin (2/5/2022) di Lapangan Beringin, Bupati Dompu Kader Jaelani mengajak semua elemen masyarakat daerah tanpa kecuali, lebih khusus kepada para orang tua untuk aktif dan responsif dalam mengawasi dan mengontrol perilaku buah hatinya (anak remaja).


BACA JUGA:


HUT Dompu Ke-207, Jarapasaka Akan Membawa Dompu Menjadi Daerah yang MASHUR


Bupati yang akrab disapa Bupati AKJ dan juga memiliki tiga orang putri tersebut cukup risau dengan keadaan generasi muda yang akhir-akhir ini melakui berbagai media diberitakan situasi dan keadaannya cukup merisaukan dan meresahkan.

 

Menurut Bupati, perilaku pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, perilaku pemanahan liar, dan berbagai tindakan negatif lainnya yang dilakukan anak remaja yang berkembang akhir-akhir ini memberikan citra yang buruk bagi kelangsungan hidup anak remaja sebagai generasi penerus bagi bangsa dan daerah.

 

Kata Bupati yang terkenal dengan Program Jarapasaka, guna mewujudkan Dompu Mashur—apa yang tengah dihadapi anak remaja dengan perilaku negatifnya membutuhkan perhatian bersama dari semua pihak, pemerintah maupun elemen masyarakat umumnya guna menyelamatkannya dari tindakan atau perbuatan negatif yang dapat merusak masa depannya.

 

"Sebagai anggota masyarakat yang baik lebih khusus para orang tua harus dalam peran dan fungsinya harus mampu untuk mengontrol atau mengawai anak remaja untuk tidak melakukan hal-hal negatif yang berdampak besar merusak masa depannya," ucapnya menyemangati para orang tua untuk responsif mengikuti atau memantau arah pertumbuhan dan perkembangan buah hati mereka.

 

Masa muda adalah masa dimana emosi anak remaja sedang bergejolak dan saat inilah perhatian dari semua pihak sangag diperlukan guna dapat mengarahkan remaja ke hal-hal yang positif dan bernilai manfaat dan kepada OPD terkait lingkup Pemerimtah Kabupaten Dompu dapat merencanak program dan kegiatan yang berupaya mendorong anak remaja mengembangkan potensi dirinya ke arah yang positif dan bernilai manfaat bagi masa depannya.

 

"Lewat momen Ihul Fitri ini, saya mengajak semua pihak untuk memberikan ruang yang seluas-luasnya kepada generasi muda untuk dapat mengembangkan potensi diri mereka dengan maksimal sehingga mereka kedepannya bisa menjadi generasi cerdas dan unggul bagi bangsa dan daerah," tuturnya.

 

Disela waktu Khotib Sholat Idhul Fitri, Ustadz Sakban Bin Ahmad dalam tausiahnya juga memberikan arahan kepada seluruh jamaah untuk dapat memberikan ruang yang baik bagi geberasi muda (anak remaja) untuk dapat tumbuhkembang mengembangkan potensi dirinya sebaik-baiknya.

 

Kata Ustadz Sakban, para generasi muda (anak remaja) adalah amanah dari Allah SWT bagi para orang tua untuk dibimbing, dididik dan diarahkan ke hal-hal yang baik dan berguna bagi masa depannya dan orang tua memilili tanggungjawab yang besar untuk kebaikan masa depannya dan kelak diakherat orang tua akan ditanya bahkan diberikan ganjaran pahala yang besar kepada para orang tua yang telah bebuat yang terbaik untuk buah hatinya.

 

"Berikanlah pendidikan dan bimbingan yang baik kepada generasi muda terutama dalam hal aqidah dan akhlak dengan pendidikan dan bimbingan agama sehingga kelak dikemudian hari generasi muda dapat melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi bangsa dan daerahnya," ungkapnya.

 

Ditambahkannya jadikan genetasi muda sebagai generasi yang cinta Al-Quran, memiliki akhlak yang terpuji, santun dan bijak, punya kelebihan dan kemampuan dalam berbagai bidang dan berbagai kelebihan itu menjadi modal bagi generasi muda untuk memberikan peran terbaiknya sebagaimana generasi pewaris bangsa dan daerah.

 

Diakhir tausihnya Ustad kondang tersebut mendoakan kebaikan bagi generasi muda Bumi Nggahi Rawi Pahu. "Saya doakan agar generasi muda kita menjadi generasi muda terbaik dan mampu memberikan peran yang terbaik pula bagi banyak kebaikan dimasa datang", terangnya mengakhiri tausiahnya.(Advt)

 

Laporan         : Bimbim

Editor             : Adi Pradana