Sandiaga Uno: Uma Lengge Wawo Bima Destinasi Wisata Baru di Indonesia

Semua Halaman

.

Sandiaga Uno: Uma Lengge Wawo Bima Destinasi Wisata Baru di Indonesia

REDAKSI
Senin, 14 Juni 2021
GANTAO, salah satu tarian khas Bima diatraksi-kan dalam penyambutan kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiago Salahuddin Uno di lokasi Uma Lengge Desa Wawo Maria Kecamatan Wawo, Kabupaten Buma - NTB, Ahad (13/6/2021). 


| BIMA-NTB | Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiago Salahudin Uno beserta dua artis Indonesia Atta Halilintar dan sang istri Aurel Hermansyah beserta rombongan, berkunjung di Uma Lengge Wawo Maria Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima – Nusa Tenggara Barat, Ahad (13/6/2021) siang. 

 

Tiba di lokasi kunjungan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiago Uno bersama rombongan disambut dengan tarian khas Bima Wura Bongi Monca, Kareku Kandei dan Gantao. Hadir pula anggota DPR RI H Muhammad Syafruddin.

 

Bupati dan Wakil Bupati Bima, Bupati Dompu dan para pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, menyambut hangat mantan wacapres tersebut. Sandiago Uno menyapa warga Wawo sambil berkeliling untuk melihat dari dekat Uma Lengge sekaligus mencicipi makanan khas daerah serta mencoba alat tenun tradisional Bima.

 

Menteri mengucapkan terimakasih atas sambutan warga Wawo Maria Kabupaten Bima dan sekaligus mengajak pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bima agar mempromosikan wisata serta meningkatkan ekonomi sehingga bisa mensejahtera masyarakat Bima itu sendiri.

 

“Ayo Bupati Dompu, Bupati Bima dan Wali Kota Bima ikut mendaftar Anugerah Desa Wisata,” ajak Sandiago Uno.

 

| BACA JUGA | 

Irjen Argo: Kapolri Berikan Instruksi ke Jajaran Seluruh Indonesia Melakukan Operasi Premanisme


Bupati Bima Jangan Bungkam Persoalan Mega Proyek Rp3,4 Miliar di Desa Timu


Sandiaga Uno juga mengatakan bahwa Bima saat ini akan bersaing dengan daerah tujuan wisata lainnya di Indonesia. Karena ia melihat Uma Lengge merupakan bangunan tradisional Suku Mbojo yang mendiami wilayah yang kini masuk dalam Kecamatan Wawo Kabupaten Bima.

 

Uma Lengge berbentuk kerucut di bagian atap. Pada zaman dulu, Uma Lengge digunakan sebagai tempat tinggal masyarakat Wawo disamping sebagai lumbung padi.

 

“Daya tarik wisata budaya Uma Lengge sangat langka. Ini bernilai sejarah tinggi. Apalagi situs warisan budaya dari para leluhur Suku Mbojo memiliki nilai sejarah dan keunikan tinggi dalam industri pariwisata. Kami akan terus memberikan pendampingan di Desa Wisata Maria agar objek wisata ini tumbuh dan menjadi destinasi wisata baru di Indonesia,” kata Menteri yang kerap disapa mas Sandi ini.

 

Menurut Sandiaga, pendampingaa itu nanti meliputi seluruh aspek yang diperlukan oleh desa wisata dengan penyusunan rencana pembangunan desa wisata kemudia dilanjutkan dengan pembangunan sumber daya manusia, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga desa wisata, kemudian pendampingan institusi desa wisata, serta pembangunan fisik atau infrastruktur dengan melibatkan Kementerian dan lembaga-lembaga yang terkait.

 

“Tentunya kebangkitan pariwisata memang dimulai dari Desa Wisata dengan harapan dapat mendorong kebangkitan ekonomi. Kita ingin Desa Wisata bisa membuka peluang ekonomi serta lapangan kerja maupun usaha lain yang dapat meningkatkan ekonomi rakyat. Dalam program pembangunan nasional banyak hal yang belum tersentuh dan bagi kami inilah program yang berkeadilan dan tepat sasaran,” katanya.

 

“Saya berharap Desa Wisata Uma Lengge ini bisa menjadi magnet, sehingga potensi dapat membuka lapangan usaha bagi warga di Desa Wawo Kabupaten Bima,” harap Sandiago Uno.

 

Laporan         : Sirega

Editor             : Adi Pradana