Dikbud NTB Road Show Penguatan Kapasitas Kepala SMA di Daerah

Semua Halaman

.

Dikbud NTB Road Show Penguatan Kapasitas Kepala SMA di Daerah

REDAKSI
Rabu, 29 Juli 2020
| Kabid SMA Dikbud NTB H Muhammad Fauzan | Foto:Fz/MN |

| BIMA – NTB | Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB melaksanakan kegiatan penguatan kapasitas seluruh kepala SMA dan sederajat di Kabupaten Bima sekaligus singkronisasi data Dapodik siswa. Acara yang dihelat di SMAN 1 Woha, Selasa (28/7/2020) kemarin, juga menghadirkan tenaga operator masing-masing sekolah.


Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB H Muhammad Fauzan S.Ag.,M.Pd kepada wartawan mengatakan, kegiatan penguatan kapasitas kepala sekolah ini merupakan tuntutan untuk menjadi Top Manager di UPTD, seperti pengelolaan Dana BOS.

| BACA JUGA |



“Ini sekaligus untuk singkronisasi data dapodik antara Dikbud Provinsi NTB dengan kepala sekolah, kemudian kepala sekolah dengan operator. Karena ruhnya sekolah itu sendiri ada pada tangan operator sekolah,” kata Fauzan didampingi Kabid Kebudayaan Dikbud NTB Fairuz Abadi.

Menyinggung pelaporan penggunaan dana BOS, Fauzan menegaskan batas pengiriman data Dapodik peserta didik per tanggal 31 Agustus 2020 mendatang.

“Mestinya data peserta didik yang kemarin itu sudah masuk, sehingga dana BOS tahap kedua bisa terbayarkan,” kata Fauzan dan menyebut bahwa peruntukan per satu orang siswa mendapatkan Rp150 ribu.

Fauzan juga menjelaskan sejak awal tahun 2020 sistem pencairan dana BOS dari pusat telah berubah yaitu dari Kemenkeu RI langsung ke rekening masing-masing sekolah. Kemudian alur penggunaan ditengah Pandemi CoVid-19 saat ini, dana BOS bisa digunakan untuk pembelian kuota siswa yang tidak mampu agar dapat mengikuti kegiatan belajar Daring. Langkah lainnya adalah ada guru kunjung untuk melayani siswa di rumah dalam berkelompok.

“Kepala UPTD juga harus rajin komunikasi dengan masing-masing kepala sekolah. Hal ini diamanatkan oleh Gubernur NTB yang harus dilaksanakan. Seperti yang kami lakukan saat ini dengan mengunjungi sekolah-sekolah di NTB," kata Fauzan.

Fauzan menitip harapan, bagaimana sekolah dari segi sarana penunjang pembelajaran saat ini secara bertahap bisa terpenuhi, sehingga pendidikan kita betul-betul menjadi pendidikan yang membanggakan menuju NTB Gemilang yang dihajatkan oleh Jul-Rohmi,” ujar Fauzan.

Penulis: Adi Pradana