AllahuAkbar, Umat Muslim Rasabou Sholat Id 1441 Hijriah di Jalan Raya Karena Masjid Penuh

Semua Halaman

.

AllahuAkbar, Umat Muslim Rasabou Sholat Id 1441 Hijriah di Jalan Raya Karena Masjid Penuh

REDAKSI
Minggu, 24 Mei 2020
| Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1441 Hijriah/2020 Masehi di Jalan Raya, Desa Rasabou Kecamatan Bolo, Ahad (24/5/2020 |

| BIMA – NTB | Allahu akbar.. Allahu akbar.. Allahu akbar.. Walillaahil hamd. Begitu menggema takbiran dan kobaran semangat umat Islam di seluruh dunia dalam menyambut hari kemenangan, Idul Fitri 1441 Hijriah/2020 Masehi. 

Berbagi cobaan dan ujian dijalani umat Islam selama satu bulan penuh. Meski di tengah ancaman Pandemi Corona Virus, umat Muslim di dunia, lebih khususnya lagi di pelosok-pelosok desa di Indonesia, tetap menjalankan ibadah puasa yang penuh hikmad meskipun perang melawan hawa nafsu serta menahan lapar dan dahaga. 

Khususnya lagi masyarakat Kabupaten Bima, NTB dan lebih-lebih di tingkat pelosok desa, wabah Corona Virus bukanlah menjadi sebuah ancaman yang menakutkan, sekalipun pemerintah mengeluarkan himbauan menghentikan sementara kegiatan sholat berjamaah di masjid dan musholah sebagai bentuk pencegahan penyebaran wabah CoVid-19 tersebut.

Pada kenyataan dan hingga hari ini, Ahad (24/5/2020), umat Islam berbondong-bondong menyambut hari kemenangan itu dengan melaksanakan Sholat Idul Fitri di masjid dan tanah lapangan, termasuk di jalan raya. 

Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1441 Hijriah/2020 Masehi, umat Islam tetap fokus untuk memenuhi panggilan Allah SWT. Perayaan dan menyambut Hari Kemanangan saat ini merupakan jawaban bagi umat muslim setelah sebulan penuh perang melawan hawa nafsu, lapar dan dahaga.

Dibalik itu, kekhawatiran pemerintah dalam upayah mencegah penyebaran CoVid-19 disampaikan melalui surat himbauan agar umat Islam di NTB untuk melaksanakan Sholat Idul Fitri di rumah. 

Himbauan Pemprov NTB yang kemudian ditindaklanjuti oleh pemerintah Kota dan Kabupaten, menyampaikan agar umat Islam melaksanakan Sholat Id di rumah saja. Namun kenyataan di lapangan, kekhawatiran para pemimpin di era sekarang ini, kurang direspon oleh masyarakat sendiri (umat Islam). 

Seperti pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1441 Hijriah yang dilaksanakan umat muslim di Desa Rasabou Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, yang berlangsung penuh hikmad. Ruangan Masjid As Suhada yang berkapasitas menampung hampir 1.000 jamaah, penuh hingga di lantai dua. Bahkan jalan raya Nasional lintas Sumbawa, pun dijadikan tempat sujud syukur kepada Allah SWT. 

"Mari kita sambut hari yang Fitri ini. Biarkan saja Corona itu dibuil terus menerus. Kami tidak mengenal nama Corona itu. Ayo pak wartawan, mari sambut hari kemenangan kita umat Islam," sontak ucapan-ucapan dari  jamaah sholat Id yang sudah menempati shafshaf sepeanjang jalan raya tersebut.

Allahu akbar..., Allahu akbar..., Allahu akbar..., Walillaahil hamd. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah/2020 Masehi. Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

Penulis: Adi Pradana