SMPN 1 Bolo Helat Simulasi AKM Persiapan UNBK

Semua Halaman

.

SMPN 1 Bolo Helat Simulasi AKM Persiapan UNBK

REDAKSI
Senin, 02 Maret 2020
| Kepala SMPN 1 Bolo Marwan S.Pd.Ina | Foto:MN/Doni |


| BIMA – NTB |  SMP Negeri 1 Bolo Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat, mulai melaksanakan simulasi sebagai persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (2/3/2020) pagi ini. Simulasi tersebut rencananya berjalan selama dua hari.

Kepala SMPN 1 Bolo Marwan S.Pd.Ina mengatakan, simulasi yang diikuti 213 siswa kelas III ini sebagai persiapan UNBK. Setelah itu akan dilanjutkan simulasi Assesmen Kompetensi Minimal (AKM) dengan melibatkan 51 orang guru dari 76 guru di SMPN 1 Bolo.

“AKM ini adalah kali pertama dilaksanakan tahun 2020. Dengan ilmu yang didapatkan dalam AKM adalah literasi dan nomerasi yang berkaitan dengan angka, bertujuan menguji kemampuan dasar dalam memahami konsep dibalik tulisan dan survei karakter,” kata Marwan.

Marwan menjelaskan, simulasi UNBK maupun AKM tersebut buka serta merta untuk mendapatkan nilai. Tetapi sebagai bentuk kesiapan sekolah dalam persiapan menghadapi UNBK. Termasuk kemampuan siswa dan alat yang dipakai pada UNBK nanti.

“AKM ini tidak hanya pada guru pembimbing saja, tetapi juga diterapkan pada siswa. Dengan bentuk soal berupa lintas kompetensi atau lintas mata pelajaran,” tutur Marwan.

Marwan menambahkan, perangkat komputer sebagai alat pendukung persiapan UNBK nanti telah disiapkan sebanyak 40 unit dan tiga server.

“Adapun pola jam masuk bagi peserta UNBK nanti, kita terapkan sistem sesi waktu,” ujarnya.

Penulis: Doni
Editor: Adi Pradana