Dishub Sosialisasi Mengurangi Kecelakaan Laut Kepada Nelayan

Semua Halaman

.

Dishub Sosialisasi Mengurangi Kecelakaan Laut Kepada Nelayan

REDAKSI
Rabu, 19 Februari 2020


| BIMA - NTB | Dinas Perhubungan Kabupaten Bima melakukan sosialisasi keselamatan transportasi laut kepada nelayan dan masyarakat pengguna laut di Desa Lamere Kecamatan Sape, Senin (18/2/2020). 

Sosialisasi bertempat di aula Desa Lamere, diikuti oleh 59 peserta dari aparatur desa Lamere dan para Nelayan dalam upaya peduli keselamatan pelayaran menuju Zero Accident di laut. 

Bertindak selaku narasumber dalam sosialisasi ini, Kabid Perhubungan Laut Abubakar, SE, yang di dampingi Kasubag Program dan Pelaporan Arief Rachman.

"Kegiatan ini bagian dari program Dinas Perhubungan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan nelayan sehingga terciptanya hubungan yang harmonis antara pemerintah dan masyarakat," kata Kabid Perhubungan Laut Abubakar SE selaku pemateri.

Abubakar menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan keselamatan pelayaran antara lain, yaitu kelengkapan dokumen kapal, kesiagaan keselamatan navigasi dan komunikasi, ketepatan prediksi cuaca sebelum pelayaran, ketersediaan peralatan keselamatan diri, serta penyimpanan nomor darurat yang bisa dihubungi apabila terjadi permasalahan di laut.

"Berbagai persiapan itu kerap disepelekan, padahal ini penting sifatnya. Tentunya kalau ada yang kurang, jangan berlayar dulu. Pastikan semua kebutuhan mestinya tersedia dan berfungsi dengan baik," tandas Abubakar.(yan)