Bupati: Pemprov NTB Anggarkan Rp199,46 M Tuntaskan Jalan Jembatan di Bima

Semua Halaman

.

Bupati: Pemprov NTB Anggarkan Rp199,46 M Tuntaskan Jalan Jembatan di Bima

REDAKSI
Minggu, 05 Januari 2020
| Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri | Foto: Humaspro |


| MATARAM – NTB | Pemerintah Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat dibawah kepemimpinan Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri dan Wakil Bupati Bima Drs Dahlan M Noer, intens melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi NTB terkait mempercepat penanganan perbaikan jalan yang merupakan tanggung jawab Pemerintah Provinsi NTB, seperti jalan lintas Sumi Kecamatan Lambu yang merupakan ruas jalan milik provinsi (masuk  dalam Ruas Jalan Karumbu – Sape).

Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima M Chandra Kusuma AP dalam press realase menyampaikan, sesuai arahan Bupati Bima dan Wakil Bupati, baru-baru ini Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Bima selalu mengusulkan dan melaporkan secara intens kondisi jalan milik Pemerintah Provinsi yang berada di Kabupaten Bima.

“Termasuk jalan lintas Sumi, sudah ada informasi akan segera dikerjakan tahun 2020. Bahkan seluruh ruas jalan provinsi akan ditangani melalui program percepatan dengan kontrak Multy Years 2020-2022. Dan jika tidak ada kendala tahun 2020, akan dilelang dengan pagu anggaran senilai Rp22,2 miliar untuk ruas jalan Karumbu-Sape,” kata Chandra menyampaikan penjelasan dari Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Bima Arief Junaedin ST,MT.

| BACA JUGA |



Selain jalan lintas Sumi, lanjut Chandra, ada beberapa ruas jalan dan jembatan yang akan dikerjakan oleh pemerintah provinsi. Semua masuk dalam Program Percepatan Pemerintah Provinsi.

“Ini sudah masuk dalam Perda Provinsi No 12 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan dan Pemeliharaan Infrastruktur Jalan Provinsi dengan Pola Pembiayaan Tahun Jamak,” jelas Chandra.

Chandra menyampaikan, untuk beberapa ruas jalan yang masuk dalam program percepatan ini adalah Ruas Kiwu - Sampungu volume 13.9 kilometer dengan pagu dana Rp26,1 miliar, kemudian Talabiu – Simpasai Rp7,6 miliar, Simpasai – Wilamaci Rp5 miliar, Tawali – Sape Rp60 miliar, Bima – Tawali Rp18 miliar, Sila – Bajo Rp12 miliar.

Kemudian untuk jembatan, ada 17 yang akan dikerjakan. Yaitu jembatan Oi Mori II dan III, jembatan Kawinda VI, jembatan Oi Katupa III, V dan VI, jembatan Piong III, IV, V dan VI, jembatan Boro I dan Boro II, jembatan Sori Kari’i Kiwu - Sampungu, jembatan Kiwu, jembatan Lere III dan IV serta Jembatan Sori Sowa ruas Bajo – Sampungu.

“Untuk jembatan Sori Sowa dialokasikan anggaran sebesar Rp7,5 miliar,” katanya.

Chandra mengatakan, bahwa Bupati Bima tidak ingin melampaui wewenang pihak provinsi NTB. Namun Bupati sudah minta ke Pemprov untuk mempercepat penanganan infrastruktur yang menjadi wewenang provinsi.

“Semua ada aturannya, tidak etis kalau kita ambil wewenang pemerintah provinsi,” kata Chandra menyampaikan sikap Bupati Bima akan selalu berkoordinasi dan melaporkan kondisi jalan provinsi dan pusat.

Chandra pun menyampaikan harapan Bupati agar masyarakat bisa bersabar karena semua program infrastruktur sudah terjadwal dan dalam proses.

“Beliau (Bupati Bima) menyampaikan apresiasi kepada Gubernur dan Wakil Gubernur NTB yang menganggarkan total percepatan infrastruktur jalan dan jembatan sebesar Rp199,46 miliar,” lanjut Chandra.

Editor: Adi Pradana