Pemerintah Daerah Dorong OPD, Camat dan Desa Optimalkan Pemanfaatan Website

Semua Halaman

.

Pemerintah Daerah Dorong OPD, Camat dan Desa Optimalkan Pemanfaatan Website

REDAKSI
Senin, 30 Desember 2019
| Sekda Kabupaten Bima Drs HM Taufik HAK didampingi Kepala Dinas Kominfostik Fahrurahman SE |


| BIMA – NTB | Pemerintah Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, mendorong pemerintah kecamatan dan desa agar untuk mengoptimalkan pemanfaatan website sebagai ruang atau media keterbukaan informasi public.

“Hubungan antara Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama dan PPID Perangkat Daerah  harus erat dalam meningkatkan kualitas tata kelola informasi public,” ujar Sekretaris Daerah Drs HM Taufik HAK,M.Si di acara Penganugerahan Pelayanan Informasi PPID Perangkat Daerah, Kecamatan Desa Tingkat Kabupaten Bima Tahun 2019, di Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Bima, Senin (30/12/2019).

HM Taufik menyampaikan, Pemerintah Daerah berpandangan bahwa penyediaan informasi publik yang memadai oleh PPID perangkat daerah, kecamatan dan desa amat penting dan strategis dalam tatakelola informasi itu sendiri.

“Pemenuhan kebutuhan informasi publik bagi masyarakat merupakan satu indikator transparansi penyelenggaraan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan,” jelas HM Taujfik didampingi Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bima Fahrurahman SE,M.Si.

Berdasarkan catatan dari Dinas Kominfostik Kabupaten Bima—hingga Desember 2019—terdapat 27 website OPD yang aktif. Namun hanya 11 OPD yang melakukan pemutakhiran konten website dan 3 OPD yang melengkapi dengan data dukung angket penilaian yang diberikan PPID Utama.
“Berkaitan dengan ini semua, kepada kepala perangkat daerah, Camat dan Kades harus terus melakukan evaluasi berkaitan dengan pengelolaan website masing-masing unit kerja,” tegasnya.

"Keberadaan portal website sebagai wahana penyebarluasan informasi, komunikasi dan interaksi antara masyarakat dan pemerintah  perlu menjadi perhatian  para kepala perangkat daerah, camat dan kepala desa," tandas HM Taufik.

Sementara itu, di acara penganugerahan tersebut—Sekda menyerahkan Plakat, piagam dan insentif kepada  PPID peraih peringkat terbaik dalam tiga kategori, yaitu Kategori PPID Perangkat Daerah, PPID Kecamatan dan PPID Desa.

Penulis: Yan Suryadin
Editor: Adi Pradana