Bappeda Gandeng La Rimpu Helat Training of Training

Semua Halaman

.

Bappeda Gandeng La Rimpu Helat Training of Training

REDAKSI
Kamis, 12 Desember 2019



| BIMA – NTB | Sebanyak 30 orang peserta yang berasal dari desa Renda, Ngali, Kalampa, Dadibou dan Sangiang Wera mengikuti Pelatihan para Pelatih (Training of Trainer/ToT) Sekolah Rintisan Perempuan untuk Perubahan (La Rimpu).

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Bappeda Kabupaten Bima dengan La Rimpu, dan berlangsung selama dua hari lali dari tanggal 9 – 10 Desember 2019, di Ruang Rapat Kantor Bupati Bima. TOT dibuka secara resmi oleh Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri.

“TOT diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya perdamaian yang berasal dari insiasi internal masyarakat,” harap Bupati.

Disamping itu, setiap perempuan menguatkan kapasitas dirinya sehingga dapat menjadi agen perubahan di lingkungnya masing-masing.

Sementara itu, pada sesi pembahasan materi—Kabid Perencanaan Pembangunan Sosial Budaya Bappeda Kabupaten Bima Raani Wahyuni ST,MT,M.Sc memaparkan peran pemerintah dalam gerakan perempuan dan perdamaian, berbagai agenda dan dukungan terhadap pengarusutamaan gender di Kabupaten Bima.

“Komitmen pemerintah terlihat jelas pada arah penguatan program yang sensitif gender di masing-masing dinas teknis,” ungkapnya.

Narasumber berikutnya, Direktur La Rimpu Dr Atun Wardatun menyampaikan peran perempuan sebagai agen perdamaian, La Rimpu dan filososi Manggawo dan Marimpa.

Dr Atun juga menyebutkan bahwa perdamaian dan perubahan di masyarakat tidak harus saling menunggu.

“Kita semua bersama masyarakat harus mampu menempatkan dirinya sebagai subjek, tidak menunggu pemerintah. Sebaliknya juga pemerintah harus memiliki spirit yang sama sebagai pelaku atau subjek utama,” katanya.

Selain kedua pemateri tersebut, narasumber lainnya adalah Kasubag Perencanaan dan Program DP3AP2KB Kabupaten Bima Safriatna Ach yang mengulas topik pembedayaan perempuan dan aplikasi SIMAWAR.

Penulis: Yan Suryadin
Editor: Adi Pradana