PT Bank NTB Cabang Bima Klarifikasi Soal Rekening Baru Sewah Tanah Eks Jaminan

Semua Halaman

.

PT Bank NTB Cabang Bima Klarifikasi Soal Rekening Baru Sewah Tanah Eks Jaminan

REDAKSI
Jumat, 01 November 2019
Wakil Pemimpin PT Bank NTB Cabang Bima Erni Rosdiana didampingi Satuan Pengawas Internal PT Bank NTB Wahyu Slamet, saat memberikan keterangan Pers di ruang Rapat, Jum'at (1/11/2019).

| KOTA BIMA | Wakil Pemimpin PT Bank NTB Cabang Bima Erni Rosdiana didampingi Satuan Pengawas Internal PT Bank NTB Wahyu Slamet memberikan klarifikasi terkait persoalan buka rekening baru khususnya bagi nasabah sewah tanah eks jaminan Pemkab Bima.

Seperti diberitakan sebelumnya, PT Bank NTB Cabang Woha menerima buka rekening nasabah sewah tanah dengan saldo awal Rp50.000. Padahal tahun sebelumnya, para nasabah itu sendiri sudah memiliki rekening yang sama namun tidak bisa digunakan untuk keperluan dimaksud. Sehingga muncul asumsi bahwa PT Bank NTB mendapat keuntungan dari kebijakan tersebut. 

"Asumsi adanya keuntungan atas kebijakan tersebut tidak ada. Karena rekening baru nasabah khusus sewah tanah eks jaminan Pemkab Bima hanya bersifat sebagai media titipan uang penawaran saja," kata Erni kepada wartawan di Kantor PT Bank NTB, di Kota Bima, Jum'at (1/11/2019) pagi.

Erni juga mengatakan, kebijakan buka rekening baru ini merupakan hasil rapat bersama PT Bank NTB dengan panitia pelaksana sewah tanah Pemkab Bima. Tunjuannya untuk menghindari penggunaan rekening nasabah sewah tanah secara umum.

"Jadi, rekening baru itu lebih dikhususkan hanya untuk digunakan sebagai titipan uang penawaran, guna memudahkan panitia untuk membandingkan besar kecilnya nilai penawaran itu sendiri," jelas Erni.
Erni pun mempersilakan kepada para nasabah khusus rekening sewah tanah eks jaminan Pemkab Bima untuk menarik kembali uang titipan jaminan setelah proses pengumuman pemenang sewah tanah nanti.

"Bisa ditarik hingga saldo nol sebagai bentuk tutup buku rekening. Dan, kalaupun terjadi kekurangan sebesar Rp5.000, itu sudah masuk dalam administrasi bank yang dipotong secara otomatis oleh sistem bank," jelas Erni.
Erni menyampaikan terimakasih adanya kritik dan masukan seperti ini. 

"Wajar masyarakat kita masih ada yang belum paham. Insya Allah, PT Bank NTB tetap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat lebih khusus lagi para nasabah Bank NTB," ucap Erni dengan wajah penuh ramah.

Penulis: Bop Marantika
Editor: Adi Pradana