Microsoft: Peretas Iran Menargetkan Kampanye Presiden AS

Semua Halaman

.

Microsoft: Peretas Iran Menargetkan Kampanye Presiden AS

REDAKSI
Sabtu, 05 Oktober 2019
File: Mike Blake / Reuters |

| UNITED STATES | Microsoft Corp mengatakan sebuah kelompok peretasan yang tampaknya terkait dengan pemerintah Iran menargetkan kampanye presiden Amerika Serikat tahun 2020.

Microsoft melihat aktivitas "signifikan" oleh kelompok yang juga menargetkan para pejabat pemerintah AS. Dalam periode 30 hari antara Agustus dan September, kelompok tersebut yang disebut "Fosfor" oleh perusahaan, melakukan lebih dari 2.700 upaya untuk mengidentifikasi akun email konsumen milik pelanggan tertentu dan kemudian menyerang 241 akun tersebut.

Peretasan untuk ikut campur dalam pemilihan telah menjadi perhatian bagi pemerintah terutama sejak badan intelijen AS menyimpulkan, bahwa Rusia menjalankan operasi peretasan dan propaganda untuk mengganggu proses demokrasi Amerika pada 2016 untuk membantu kandidat Republik Donald Trump menjadi presiden. Namun Moskow sendiri membantah ada gangguan tersebut.
Selain itu, ketegangan antara AS dan Iran telah meningkat sejak Mei 2018, ketika Trump menarik diri dari perjanjian nuklir internasional tahun 2015 dengan Teheran yang membatasi program nuklirnya dengan imbalan pelonggaran sanksi. Trump sejak itu kembali menanamkan sanksi AS, memberikan tekanan yang meningkat pada ekonomi Iran, termasuk perdagangan minyaknya.

Pemerintah Iran tidak mengeluarkan komentar langsung melalui media yang dikelola pemerintah atas pernyataan Microsoft tentang tautan apa pun ke Phosphorous.

Editor             : Adi Pradana
Sumber           : Aljazeera