Tiongkok Bersiap Untuk Evakuasi Ketika Topan Lekima Mendekat

Semua Halaman

.

Tiongkok Bersiap Untuk Evakuasi Ketika Topan Lekima Mendekat

REDAKSI
Jumat, 09 Agustus 2019



| TIONGKOK | Topan Lekima diperkirakan akan mendarat pada hari Sabtu (9/8/2019) waktu setempat. Topan tersebut akan menyebabkan gelombang di Sungai Yangtze.

China sedang mempersiapkan evakuasi di beberapa provinsi dan mengeluarkan peringatan tingkat tertinggi untuk Topan Lekima yang mendekat.

Menurut Pusat Meteorologi Nasional negara itu, Topan Lekima bepergian ke barat laut dari selatan Jepang dan melintasi utara Taiwan pada hari Jum’at—badai membawa hujan lebat dan angin 209 kilometer/jam.

Hujan mulai menghantam provinsi Zhejiang, rumah bagi 6,2 juta orang, dan kota Shanghai, rumah bagi 26,3 juta, di depan Lekima yang menghantam tanah pada Sabtu pagi.

Pihak berwenang percaya itu akan menyebabkan lonjakan yang kuat di arteri Sungai Yangtze yang dapat menyebabkan banjir di beberapa daerah.

Biro cuaca China telah mengeluarkan kode merah, peringatan tingkat tertinggi dalam sistem peringatan empat tingkatnya, untuk provinsi Zhejiang, mendorong pemerintah untuk menyiapkan evakuasi, menangguhkan kereta, layanan udara dan api dan meminta kapal untuk kembali ke pelabuhan.

Ini menyarankan total tujuh provinsi untuk membuat persiapan dan menyiapkan sistem tanggap darurat.

Menanggapi ancaman banjir, Kementerian Sumber Daya Air memerintahkan langkah-langkah untuk mencegah meluapnya retribusi.

Tiga aliran utama Sungai Yangzte diperkirakan akan naik ke tingkat berbahaya dan para pejabat mengatakan risiko banjir akan berlanjut hingga Rabu.

Editor: Adi Pradana
| Sumber Berita: Aljazeera |