Perlu Dibentuk Cluster dalam Penanganan Bencana

Semua Halaman

.

Perlu Dibentuk Cluster dalam Penanganan Bencana

REDAKSI
Kamis, 08 Agustus 2019
Anton Roy

| Anton Roy |


| MATARAM | Narasumber penyusunan Renkon Gunung Barujari Lombok Timur Anton Roy Purnama, mengusulkan perlunya dibentuk cluster yang berfungsi untuk mengkoordinasikan semua kebutuhan dan tindakan saat terjadi bencana. 


Anton Roy mengatakan, cluster ini mencakup manajemen, logistik, kesehatan, keamanan, pemulihan serta komunikasi dan edukasi. Sehingga penanganannya dapat berjalan cepat, tepat, terkoordinasi dan menyeluruh, serta sebagai dasar memobilisasi sumber daya para pemangku kepentingan (stake holder) pada saat tanggap darurat bencana.

Menurut Anton, selama ini status gunung baru jari hanya sampai status waspada, jarang sampai status status awas. Namun demikian, karena gunung barujari atau gunung Rinjani ini menjadi magnet para wisatawan yang ingin menikmati panorama puncak gunung atau danau Segara Anak, maka diperlukan kesiapan Pemerintah NTB dan Lombok Timur khususnya, dalam hal melakukan penyelamatan maupun melakukan prosedur evakuasi bagi para wisatawan bila terjadi bencana di gunung Rinjani.

Sedangkan untuk memudahkan akses informasi dan komunikasi penanggulangan/penanganan bencana, maka  Dinas Komunikasi, informatika dan Statistik Provinsi NTB bersama stake holder terkait, juga perlu menyiapkan media center sebagai kanal informasi resmi yang dilengkapi sistem informasi kebencanaan yang terintegrasi.

Editor: Adi Pradana